Teken MoU, Kakanwil: Kita Prioritaskan Lulusan Madrasah Masuk IAIN Ambon


Kakanwil Kemenag Maluku bersama Rektor IAIN Ambon menandatangani MoU.

Ambon, Inmas - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon menjalin kerjasama. Sinergi ini bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan, pelatihan, penelitian sumber daya manusia, dan terlebih penerimaan mahasiswa baru dari lulusan madrasah yang tersebar di Provinsi Maluku.

Bentuk kerjasama ini tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis dan Rektor IAIN Ambon, Zainal Abidin Rahawarin di Gedung BAK Fakultas Syariah IAIN Ambon, Selasa (9/3).

Hadir dalam penandatanganan MoU, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Zain Firdaus Kaisupy, Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Rusdy Latuconsina, Kepala Bidang Pakis La Fatah, Kepala Bidang Bimas Kristen Nansij Latuheru, Pembimas Hindu Sukardi Riyanto, sejumlah pejabat Kemenag Maluku, para Warek, Dekan, beserta pembantu rektor lainnya.

"IAIN Ambon ini sebenarnya rumah bagi saya, jadi MoU ini sekaligus bagi saya untuk pulang ke kampung halaman saya, karena saya merupakan alumni dari Institut Agama Islam Negeri Ambon," kata Kakanwil dihadapan mantan dosen dan kakak tingkatnya itu.

Kakanwil menuturkan, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku bersama seluruh Kantor Kemenag Kabupaten/Kota dan lembaga pendidikan madrasah berkomitmen untuk sama-sama mendukung MoU yang pertama kali dilaksanakan kedua lembaga di bawah naungan Kementerian Agama tersebut.

Kakanwil selanjutnya mengintruksikan kepada seluruh Kepala Kantor Kemenag di 11 Kabupaten/Kota dan Kepala Madrasah untuk proses pendidikan berjenjang dapat menjadi komitmen bersama, dari MI lanjut ke MTs, kemudian ke MA dan selanjutnya ke IAIN Ambon.

"Lulusan tahun ini harus kita prioritaskan masuk ke IAIN Ambon, bahkan saya intruksikan juga bagi seluruh Kepala Madrasah agar di setiap kunjungan saya ke berbagai daerah sisipkan silaturahmi saya bersama orang tua murid kelas tiga di tingkat MA, agar kita bisa wujudkan komitmen bersama ini," tegas Kakanwil.

Sebelumnya, Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin menyatakan MoU Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon merupakan langkah yang sangat strategis di dalam membangun sumber daya manusia di Provinsi Maluku.

"Ini merupakan kali pertama kita melaksanakan MoU secara resmi antara kedua institusi yang berada dibawah lingkup Kementerian Agama di Provinsi Maluku," jelasnya

Semoga dengan kerjasama ini dapat memberikan harapan-harapan positif dan kamujuan dalam peningkatan sumber daya manusia. Harapan kami, kerjasama ini bukan hanya sebuah acara simbolis tetapi dapat diwujud-nyatakan melalui kebijakan-kebijakan yang akan dilakukan oleh Kanwil Kemenag Provinsi Maluku," harap Rektor. (ZAM)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online