Supervisi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SD NEGERI 3 Rumah Tiga Ambon


Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Ambon,Hadjidja

Ambon (Inmas),Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Hadjidja Melakukan tugas rutinnya dengan melakukan Supervisi Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Sekolah Dasar Negeri 3 Rumah Tiga  Ambon.Rabu,20/11/2019.

Supervisi ditekankan pada pembinaan dan peningkatan kemampuan dan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah dalam melaksanakan tugas untuk memperoleh pemahaman dan wawasan yang lebih luas tentang peningkatan Mutu kinerja Guru Dan minat belajar Siswa.” UJar Hadjidja.

"Hadjidja sebagai Pengawas PAI juga mengatakan bahwa supervisi bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh proses administrasi pendidikan yang di tujukan terutama untuk mengembangkan efektifitas kinerjanya personalia sekolah yang berhubungan dengan tugas tugas kependidikan.

Supervisi kelas merupakan suatu agenda wajib yang dilakukan oleh Para Pengawa PAI dan Pengawas Madrasah untuk mengamati dan menganalisa proses belajar mengajar di kelas. Pengawa PAI dan Pengawas Madrasah memang harus melakukan supervisi karena salah satu tugasnya adalah sebagai supervisor guru.

Kalau guru itu takut dan malas disupervisi berarti secara tidak lansung ia sudah menyadari bahwa cara mengajarnya tidak baik dong?. Guru yang hebat tidak akan mengeluh dan sangat simpati dengan kegiatan supervisi karena ia bisa mendapatkan penilaian dan arahan kedepannya agar kualitas pembelajaran semakin baik. Ingat, tugas supervisi adalah bukan untuk menghakimi namun untuk menganalisa dan memperbaiki kalau ada kekurangan.

Supervisi akademik adalah serangkaian kegiatan membantu guru mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran demi pencapaian tujuan pembelajaran Glickman (1981).  Sementara itu,  Daresh (1989) menyebutkan bahwa supervisi akademik merupakan upaya membantu guru-guru mengembangkan kemampuannya mencapai tujuan pembelajaran.

Dengan demikian,  esensi supervisi akademik itu sama sekali bukan menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya.

Supervisi ditekankan  pada pembinaan  dan peningkatan kemampuan  dan  kinerja  tenaga  kependidikan  di Sekolah dalam melaksanakan tugas untuk  memperoleh pemahaman dan wawasan yang lebih luas tentang  peningkatan Mutu kinerja Guru Dan minat belajar Siswa dalam menelaah silabus, kd, materi, kegiatan pembelajaran dan rencana penilaian.

ke dua adalah actionnya , bagaimana guru mampu melaksanakan proses KBM dikelas sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dalam perangkat pembelajaran , " Ujar Hadjidja ( F.L)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online