Stepanus Tia: FKUB Pilar Kerukunan Bangsa



Tiakur, (Inmas) - Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka. Kankemenag) Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) mengingatkan peran strategis Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUP) dalam menjaga dan memelihara kerukanan bangsa. Sebab, disana berkumpul para tokoh-tokoh agama yang moderat sesuai program Menteri Agama RI tentang Moderasi Beragama. Hal ini disampaikan Stepanus saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) FKUB)  di Aula Kesbangpol Kabupaten MBD, Tiakur, Jumat (6/7).

Rakor yang diselenggarakan oleh Kesbangpol MBD itu dihadiri Ketua FKUB Pdt. Melki Timisela, S. Th bersama seluruh jajaran pengurusnya, Kabag Keuangan dan Aset Daerah, Kabag Kesra, Kabag Hukum beserta Kepala Bapeda Kab. MBD. 

"Tugas serta fungsi FKUB sebagaimana diamanatkan PBM Menteri Agama bersama Mendagri No. 8 dan 9 Tahun 2006 terkait Pedoman Tugas Kepala Daerah dalam Memelihara Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan FKUB sekaligus Pendirian Rumah Ibadah, juga menjelaskan fungsi utama FKUB dalam menjaga kerukunan, sosialisasi PP di bidang keagamaan dan mengeluarkan rekomendasi pendirian rumah ibadah," terang Stepanus selaku Wakil Ketua Dewan Penasehat Rakor tersebut didampingi Kepala Badan Kesbangpol Kab. MBD.

Di akhir arahannya, Stepanus menjelaskan bagaimana menjadi tokoh agama yang moderat sesuai program Menteri Agama RI khusus tentang moderasi beragama, dimana mereka adalah Pilar Kerukunan Bangsa. "Berdiri ditengah-tengah umat dan juga memfasilitasi kerukunan diantara umat beragama. Memjaga kebersamaan sebagai tokoh agama dan juga kebersamaan sebagai umat beragama," imbuhnya mengakhiri. (ZAM) 


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag