Sosialisasi Tahap Akhir KMA No 660 Tahun 2021, Kakanwil Gandeng Ormas Islam Tepis Isu Hoax di Medsos


Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku didampingi Kepala Bidang PHU H. Yamin memberikan sosialisasi KMA RI No 660 dihadapan pimpinan Ormas Islam di Kota Ambon, Kamis (10/6/2021).

Ambon, Inmas - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku kembali menggelar Sosialisasi Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia (KMA RI) Nomor 660 tentang Pembatalan Keberangkatan Jemaah Haji Pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 H/2021 M.

Tahapan akhir dari giat sosialisasi yang dilakukan kali ini, Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis menggandeng pimpinan ormas Islam di Kota Ambon dengan harapan dapat menjembatani Kementerian Agama dalam menyajikan informasi aktual kepada masyarakat secara kolektif, bahwa tujuan pembatalan keberangkatan jemaah calon haji adalah upaya penyelamatan terhadap jiwa manusia dari penyebaran pandemi virus Covid-19 yang melanda dunia.

Lewat sosialisasi ini juga, ditayangkan video testimoni perwakilan calon jemaah haji di 11 kabupaten/kota yang menerima dengan ikhlas pembatalan keberangkatan calon jemaah haji tahun 2021.

Sebelumnya, Kanwil Kemenag Provinsi Maluku telah melakukan sosialisasi serupa di seluruh kabupaten/kota dengan menghadirkan Kepala Kantor Kemenag dan perwakilan jemaah haji setiap daerah secara virtual pasca lahirnya KMA RI Nomor 660. Hal yang sama juga dilakukan setelahnya, saat Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku menyampaikan langsung kepada seluruh masyarakat Maluku yang disiarkan secara live melalui siaran Radio Republik Indonesia (RRI) dan TVRI Stasiun Ambon tentang maksud sebenarnya pemerintah mengeluarkan putusan pembatalan keberangkatan jemaah calon haji tahun 2021.

"Dari seluruh rangkaian sosialisasi yang dilakukan Kanwil Kemenag Provinsi Maluku ini, hampir seluruh masyarakat di Maluku menyikapi dengan baik bahwa tidak ada persoalan dari kebijakan Kementerian Agama RI tersebut. Hal ini dinilai menjadi langkah ikhtiar pemerintah melakukan upaya semata-mata untuk penyelematan terhadap jiwa manusia dari virus Covid-19," demikian paparan yang disampaikan Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis selaku narasumber didampingi Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) H. Yamin pada gelaran sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Kamis (10/6/2021).

Dengan menghadirkan pimpinan ormas Islam dari MUI Maluku, Nahdhatul Ulama, Muhammadiyah, Mathlaul Anwar, HMI, Fatayat NU dan barisan Pemuda Muhammadiyah Maluku, Kakanwil menjelaskan KMA Nomor 660 hadir berdasarkan perintah agama untuk lebih mengutamakan keselamatan jiwa umat manusia. Selain itu, Kemenag sebagai leading sector pembangunan nasional di bidang keagamaan menjalankan tiga fungsi terkait pelaksanaan ibadah haji, yaitu penyelenggaraan, perlindungan, dan pembinaan kepada calon jemaah haji.

"Terkait pembatalan ibadah haji ini, Kemenag menjalankan fungsi perlindungan terhadap calon jemaah haji," jelas Kakanwil pada kegiatan sosialisasi yang juga dihadiri pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Kakanwil selanjutnya meminta ormas Islam menjadi garda terdepan Kementerian Agama menepis opini hoaks yang tersebar cepat di media sosial dan untuk menjawab kebingungan masyarakat terkait penyebab pembatalan keberangkatan dan informasi sesat seputar dana haji.

"Pemberian sosialisasi melalui pembinaan ini diberikan kepada pimpinan ormas Islam yang bersentuhan langsung dengan umat maupun calon haji, sehingga tidak salah dalam menerima informasi," imbuhnya.

Provinsi Maluku di tahun 2020 dan 2021 memiliki jumlah 2000 lebih calon haji yang gagal diberangkatkan disebabkan karena kondisi pandemi COVID-19 belum berakhir.

Kakanwil terakhir meminta kepada calon jemaah untuk bersabar dan menyerahkan urusan pembatalan kebarangkatan haji ini kepada Allah SWT yang telah menetapkan takdir di setiap urusan kehidupan manusia.

Selain itu, masyarakat diminta untuk bertabayyun atau mencari kejelasan dari seluruh berita dan informasi terkait pembatalan keberangkatan haji.

"Mari kita amalkan satu firman Allah SWT dalam Al-Qur'an Surah Al-Hujurat Ayat 6; Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepada kamu seorang fasik membawa suatu berita, maka bersungguh-sungguhlah mencari kejelasan agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa pengetahuan yang menyebabkan kamu atas perbuatan kamu menjadi orang-orang yang menyesal," (QS. Al-Hujurat[49]: 6)," ajaknya.

"Mari kita juga berdoa agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir, sehingga di tahun akan datang, kita dapat mengumandangkan kalimat talbiyah Labbaykallahumma labbayk, labbayka la syarika laka labbayk. Innal hamda wan ni‘mata laka wal mulk, La syarika lak, di bumi Mekkah Al-Muakarramah," tandasnya. (ZAM)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online