Rapat Evaluasi PSBB, Kakanwil: Sosialisasi Kemenag Bersama MUI Turunkan Tensi Kerawanan



Ambon, Inmas - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis menghadiri rapat evaluasi pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Ambon yang diberlakukan sejak 22 Juni 2020 lalu hingga kini.

Dalam rapat evaluasi yang dipimpin Pangdam XVI Pattimura Marga Taufik, Kakanwil menyebutkan dua sebab timbulnya kerawanan sosial dalam masa penanganan Covid-19, yakni pengalihan ibadah berjamaah di masjid ke rumah masing-masing dan fardu kifayah tentang pelaksanaan  pemakaman jenazah yang ditangani secara protokol Covid-19.

Pihak Kemenag Maluku bersama MUI setempat sebelum dan setelah pemberlakukan edaran Walikota tentang penetapan PSBB di Kota Ambon gencar melakukan sosialisasi untuk penguatan pemahaman melalui pendekatan agama dengan tujuan menurunkan tensi kerawanan antara keluarga pasien dengan pemerintah.

"Kemenag Maluku telah menerjunkan aparaturnya di rumah ibadah serta akan mendampingi setiap proses pemakaman jenazah untuk kami berikan penguatan pemahaman keagamaan dan Alhamdulillah itu turut membantu menurunkan tensi konflik di tengah masyarakat," ungkap Kakanwil di Aula Makodam XVI Pattimura, Ambon, Jumat (17/7).

Meski demikian, Kakanwil mengajak seluruh pihak yang terkait dengan penanganan Covid-19 agar dapat memaksimalkan peran dalam menegaskan protokol kesehatan dapat dijalankan masyarakat secara kolektif.

"Jangan sampai ketegasan menurun. Kalau bisa ditingkatkan. Status menurun tetapi kasus belum terdeteksi secara tuntas juga akan jadi bumerang," tegas Kakanwil.

Kakanwil juga menyarankan kepada Walikota Ambon agar penanganan secara maksimal dijalankan namun jangan lupa masih terdapat kecolongan dimana sebagian warga masih tidak mematuhi penerapan protokol kesehatan.

"Ini adalah tugas bersama, berhasil dan tidaknya penanganan ini tergantung cara kita memaksimalkan peran kita," tandas Kakanwil.

Rapat tersebut dihadiri Walikota Ambon, Richard Louhenapessy yang turut memaparkan perkembangan penerapan PSBB di Kota Ambon, Sekretaris Daerah Maluku, Kasrul Selang, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, perwakilan Kapolda Maluku, Ketua MUI Maluku, Abdullah Latuapo dan sejumlah kepala OPD Maluku serta pejabat dari unsur TNI/Polri. (ZAM)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag