Polres Malra Gandeng Kemenag Tual Tangkal Radikalisme


Kasubbag TU Kantor Kemenag Kota Tual, Ahmad Raharusun saat menerima kunjungan Polres Kabupaten Malra. (Foto: Inmas Tual)

 

Tual, Inmas - Upaya pencegahan terhadap berkembangnya radikalisme terus dilakukan berbagai pihak. Di Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku, Polres Kab. Malra merangkul Kementerian Agama (Kemenag) kota setempat untuk menangkal paham ekstrimisme tersebut.

Upaya penangkalan dilakukan dengan langkah koordinasi antar kedua institusi tersebut guna membahas program dalam menghalau paham radikalisme dan berita hoaks yang berkembang di wilayah Maluku, khususnya di Kota Tual.

"Kita sangat mengharapkan dari kunjungan Polres Maluku Tenggara untuk menjalin koordinasi bersama Kemenag Kota Tual dapat bersama-sama memberantas pemahaman radikalisme dan berita hoaks," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU) Kantor Kemenag Kota Tual, Ahmad Raharusun saat menerima kunjungan Polres Malra di ruangan kerjanya, Selasa (20/11).

Raharusun mengatakan, dengan adanya kerjasama ini, Kantor Kemenag Kota Tual sangat mendukung langkah kongkrit Polres Malra tersebut. Terlebih dalam hal kewaspadaan menangkal paham radikalisme dan terorisme secara bersama-sama.

"Langkah menjalin kerjasama yang dilakukan ini merupakan upaya dari Polres Malra, guna mengajak Kantor Kemanag untuk bersama-sama mewaspadai paham radikalisme dan terorisme, dan kami siap mendukung upaya yang dilakukan pemerintah, dalam hal ini Polri," akuinya.

Menurut Raharusun, upaya yang dilakukan Polres Malra dianggap sangat tepat, terlebih kantor kemenag memiliki pengaruh besar dalam menggiring umat untuk mewaspadai, sekaligus memerangi paham radikalisme dan terorisme di masyarakat, baik melalui penyuluh agama, para ustadz dan kiai, termasuk para pimpinan Pondok Pesantren dan MUI di semua tingkatan.

"Tidak hanya aparat yang harus terlibat dalam mewaspadai serta memerangi paham radikalisme dan terorisme, tetapi juga peran serta dari semua lapisan masyarakat harus ikut terlibat didalamnya," tandasnya. (ZAM)

 

Sumber: Inmas Tual.


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag