PESAN KAKANKEMENAG MALRA SIAPKAN DOKUMEN DALAM AUDIT DANA BOS



Langgur (Inmas) - Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)  Keuangan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan unsur penting dalam program pemerintah. LPJ Keuangan BOS terdapat dalam lampiran Permendikbud Nomor 1 Tahun 2018 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah.

Panduan tersebut memberikan gambaran bagaimana manajemen pengelolaan keuangan BOS di Madrasah yang kemudian dilaporkan hingga ke tingakt Menteri. Untuk memastikan apakah penggunaan dana BOS di Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara sudah sesuai dengan aturan, dihadapan kita telah ada TIM Audit Kinerja BOS.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, H. R. A. Fachrurazy Hasannusi, S. Fi I, M.Si pada Entry Metting Audit Kinerja Program BOS yang dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Agama di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara Selasa, 10/03 di auditorium Kemenag Malra.

Kakankemenag juga mengingatkan, pemeriksaan atau audit tersebut dilakukan untuk memastikan tidak ada penyimpangan dalam penggunaan dana BOS. Oleh karena itu TIM akan memeriksa seluruh dokumen BOS mulai dari pencairan sampai penggunaan dan pelaporan. Dari hasil audit nanti, sambung Fachrurrazy akan disampaikan langsung ke Dirjen Pendis di Jakarta.

Tim Audit akan bekerja selama delapan hari sehingga para kepala madrasah dan Bendahara BOS selalu intensif dalam audit dimaksud. Jangan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan pemeriksaan. Demi Transparansi, maka diperlukan seluruh dokumen yang falid, tegasnya.

Untuk itu Harapannya, kiranya semua Kepala Madrasah dan Bendahara BOS agar jangan berbelit dalam pemeriksaan sehingga TIM Audit bekerja sesuai dengan yang direncanakan.

Selain itu Ketua Tim Audit Kinerja Tim BOS, Rusdi Bahalwan, dalam Entry Metting memaparkan bagaimana cara dalam pemeriksaan mulai dari pemeriksaan dokumen sampai menemukan hasil dalam pemeriksaan, akan memberikan gambaran sekaligus dapat diputuskan apakah ada masalah atau tidak. Hal ini tergantung dari hasil pemeriksaan dokumen.

Lebih jauh dikatakan semua dokumen tersebut akan diteliti sekaligus diberi peringkat. sehingga, Kepala Madrasah dan Bendahara BOs selalu siap apabila pertanyaan yang muncul dapat dipertanggungjawabkan dalam pelaporan dana BOS, (DR)

 

 

 


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag