Peringatan HAB Ke-75 Kemenag RI Di Kepulauan Aru



 

Dobo, (Inmas)- Keluarga besar Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kepulauan Aru menggelar upacara peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama RI. HAB yang jatuh pada tanggal 3 Januari, kali ini diperingati pada Selasa, (5/1/2021) sesuai surat edaran Menag RI Nomor 69 tahun 2020 tentang Hari Amal Bakti (HAB) Ke-75 Kementerian Agama  RI Tahun 2021. Upacara dilaksanakan secara indoor (dalam gedung kantor) karena sejak pagi hari hujan deras mengguyur kota Dobo.

Hadir mengikuti upacara Pejabat Pengawas Kankemenag Kabupaten Kepulauan Aru, Kepala-Kepala KUA, Purnabakti Kemenag,seluruh pegawai ASN Kankemenag Kepulauan Aru, guru agama, guru madrasah, pengurus DWP, serta Penyuluh Non PNS. 

Menteri Agama, KH. Yakut Cholil Qoumas dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Kakankemenag Kabupaten Kepulauan Aru, Drs. H. Ismail Rumfot selaku inspektur upacara menyampaikan bahwa  peringatan HAB tahun ini mengusung tema ‘Indonesia Rukun” sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa untuk maju menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia. 

Menag mengingatkan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama yang dapat diterjemahkan dengan beberapa kata kunci yaitu pertama manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan. Kedua, penguatan moderasi beragama, penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan. Ketiga, persaudaraan yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Mengakhiri sambutannya Menag mengajak semua untuk mengedepankan akal sehat dan hikmah/kebijaksanaan dalam menyikapi berbagai persoalan keumatan dan kebangsaan saat ini maupun di masa-masa yang akan datang.

“Mari jadikan agama sebagai inspirasi pembangunan bangsa dan negara”.

Selesai upacara dilanjutkan dengan pemberian bantuan sembako kepada 30 orang warga kota Dobo yang kurang mampu dan secara simbolis diterima oleh 3 orang perwakilan umat beragama (Islam,Kristen dan Katolik). Acara diakhiri dengan makan bersama seluruh peserta upacara.(ria) 


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online