Pembukaan Seleksi KSM dan Lomba Guru Tenaga Kependidikan (GTK)Prov.Maluku 2018



AMBON, Inmas - Pembukaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Lomba Guru Tenaga Kependidikan Provinsi Maluku berlangsung spektakuler. Kegiatan yang bertujuan menjaring siswa berprestasi tingkat provinsi ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad, S.Pd, MPd di Lapangan Upacara Madrasah Aliyah Negeri 1 Maluku Tengah Selasa, 24 Juli 2018.

Dalam Sambutannya saat membuka resmi pelaksanaan seleksi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2018 tingkat Provinsi Maluku. Kakanwil mengharapkan wadah ini dapat menyiapkan Generasi Emas dibidang Ilmu Sains (Golden Generation Of Scentific).

Pengembangan ilmu sains sangat penting dilakukan, lulusan-lulusan madrasah harus lebih giat lagi belajar untuk menatap masa depan lebih baik. Sebab, diketahui bersama bahwa kekayaan alam berlimpah tanpa didukung kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berintegritas hanya akan menjadi beban sejarah dan segudang persoalan. Hal ini diungkapkan oleh Kakanwil. Kakanwil Menambahkan pula, bahwa bangsa dan daerah ini memiliki kekayaan alam yang tak terbatas namun ukuran maju tidaknya satu bangsa tidak lagi ditentukan oleh kepemilikan Sumber Daya Alam (SDA).

Terpenting adalah ketersediaan SDM yang unggul dan integritas. Maka itu melalui wadah KSM ini diharapkan lahirnya generasi yang cerdas berilmu dan cerdik cendekia yang unggul paripurna serta siap menjadi pemimpin perubahan dimasyarakat dan bermanfaat bagi agama bangsa dan negara.

Sementara itu, Kepala Bidang Madrasah Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku, M. Hanafi Rumatiga dalam laporannya mengungkapkan, perkembangan saat ini cukup membanggakan dimana semua elemen masyarakat mulai memiliki perhatian kepada madrasah.

Sebagai lembaga pendidikan Islam yang telah tumbuh mengakar dimasyarakat Indonesia mempunyai misi utama mendidik dan menanamkan nilai-nilai keislaman kepada peserta didik.

Disamping itu, madrasah juga merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional yang menyiapkan anak bangsa sebagai generasi penerus yang cerdas sehingga mampu serta proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah dan terus meningkat disegala bidang. KSM dan GTK diselenggarakan sebagai bagian dari upaya untuk mewujudkan pendidikan yang seimbang dilingkungan madrasah. Melalui kegiatan ini diharapkan, adanya peningkatan prestasi siswa dibidang sains yang terintegrsasi dengan Islam dan peningkatan prestasi guru dibidang penilitian serta pengembangan porfesi sehingga dapat meningkatkan keunggulan kompraratif dan keunggulan kuantitatif khususnya madrasah di Maluku.

'Tujuan dari kedua kegiatan ini untuk mengembangkan bakat dan minat dibidang sains bagi madrasah dan pengembangan kompetensi profesionalisme bagi guru madrasah. Antara lain meninhgkatkan mutu penidikan sains bagi siswa di madrasah dan peningkatan mutu guru secara kemprehensif melalui upaya pengembangan budaya belajar kreatifitas dan motivasi meraih prestasi yang terbaik melalui kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportifitas dan nilai nilai Islam,"tutur Kabid Pendis.

Kepala Bidang Madrasah Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku, M. Hanafi Rumatiga merincikan jumlah peserta yang mengikuti seleksi KSM sebanyak 197 orang dengan rincian Kota Ambon 32 orang, Kabupaten Maluku Tengah 39, SBB 33, SBT 33, Buru 33, Maluku Tenggara 25, Kota Tual dan Kabupaten MTB masing-masing 11 peserta.

Sementara jumlah peserta seleksi seleksi Guru Tenaga Kependidikan (GTK) sebanyak 30 orang terdiri dari jenjang MI, MTs dan MA."Untuk seleksi GTK madrasah berprestasi masing-masing kabupaten/kota mengutus sebanyak 3 orang,"Ungkap KABID Kantor Kementerian Agama Provinsi Maluku. Mata pelajaran yang kompetisikan antara lain untuk jenjang MI, Matematika dan IPA berintegrasi, tingkat MTs, Matematika, IPA dan IPS berintegrasi, tingkat MA Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Eknomi dan Geografi. Semuan mapel ini terintegrasi dengan Pendidikan Agama Islam.


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online