Pembinaan Siswa-Siswi Pasraman Hindu



Bula (INMAS). Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Seram Bagian Timur, Drs H. Japri Kabalmai, Menghadiri Dan Sekaligus Membuka Dengan Resmi Kegiatan "Pembinaan Siswa-Siswi  Pasraman Hindu" Tahun 2020. Kegiatan Tersebut Berlansung Di Gedung Pratama Widya Pasraman Dharma Sastra, Pada Minggu 26 Juli 2020.

 

Dalam hal ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Seram Bagian Timur, Drs H. Japri Kabalmai, menyambut positif dan memberikan apresiasi dan dedikasi yang tinggi kepada Bimas Hindu beserta jajarannya, yang telah memprogramkan dan dapat melaksanakan kegiatan Pasraman Kilat (Pasantren Kilat) ini. Sebagai antisipasi dan solusi mencapai persoalan keberagaman dalam kehidupan agama, dituntut adanya peran serta segenap komponen umat, pemahaman agama dalam pendidikan yang memadai, sehingga berbagai persoalan umat dapat teratasi.

 

Salah satu upaya kongrit yang dapat dilakukan adalah penanaman nilai-nilai agama Hindu yang disampaikan melalui pendidikan formal dan non formal. Jalur pendidikan non formal adalah pendidikan melalui jalur Pasraman atau sekolah minggu.

 

Lembaga pendidikan keagamaan Hindu yaitu Pasraman pada saat ini memerlukan perhatian yang khusus karena pasraman dimaksud merupakan lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang membidangi agama dan keagamaan. keberadaan pasraman merupakan sebuah solusi untuk mengatasi kendala yang nyata tergambar dalam kondisi yang obyektif di lapangan, bahwa seberapa siswa yang tidak mendapatkan pendidikan agama Hindu secara formal di sekolah sangat besar, pada hal pendidikan agama merupakan mata pelajaran inti. dan di samping itu undang-undang SISDIKNAS menyiratkan agar setiap anak didik harus mendapatkan pelajaran agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh guru yang Se_agama. Kata Kabalmai.

 

Sehingga tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan ini ialah untuk meningkatkan Sraddha dan Bhakti Siswa-Siswi agama Hindu tentang Tattva dalam pengembangan pengetahuan, ketrampilan di bidang agama Hindu. dan mempererat persaudaraan siswa dan siswi agama Hindu di setiap jenjang pendidikan formal maupun non formal yang berada di kabupaten seram bagian timur. (KA)

 


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag