Pelepasan 71 Calhaj Asal Maluku Tenggara



Langgur (Inmas). Sebanyak 71 Jamaah calon haji (Calhaj) asal Kabupaten Maluku Tenggara bertempat di Gedung Serba Guna Langgur hari ini (19/07) dilepas secara resmi oleh Bupati Maluku Tenggara (Malra) yang diwakili oleh Plt. Sekda Maluku Tenggara. Pelepasan calhaj yang dihadiri oleh Para muspida dan SKPD Malra, TNI/Polri dan tamu undangan lainnya itu berjalan dengan aman dan lancar.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara, Drs. Hi. Arifin Difinubun, M.Sos.I, menyampaikan laporan diantaranya, Ibadah Haji merupakan Rukun Islam Ke-5 dan menjadi salah satu ibadah yang memiliki kekhususan tersendiri, yakni ibadah yang diwajibkan sekali seumur hidup bagi setiap kaum muslimin dan muslimat yang mampu dan memenuhi segala persyaratan baik secara finansial, fisik maupun mental. Lebih lanjut dikatakan, Penyelenggaraan ibadah haji harus dilaksanakan dengan berpedoman pada prinsip keadilan, profesional dan akuntabel dengan mengedepankan kepentingan jamaah.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama RI selalu berupaya dari tahun ke tahun memberikan peningkatan pelayanan bagi jamaah haji Indonesia, termasuk Jamaah haji Maluku Tenggara. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan pemahaman Jamaah calon haji sebelum ke Tanah Suci, Kantor Kementerian Agama Maluku Tenggara melaksanakan pembinaan manasik haji selama 15 kali setiap hari Kamis dari awal bulan Februari hingga akhir bulan Mei 2018. Bimbingan manasik haji yang dibiayai oleh APBD pemerintah daerah Maluku Tenggara dilaksanakan sebanyak 4 hari. Sementara Manasik haji yang dibiayai oleh Pemerintah Pusat melalui Dana BPIH sebanyak 8 kali untuk tingkat kecamatan dan 2 kali untuk tingkat Kabupaten, tuturnya.

Berdasarkan data siskohat, jumlah daftar tunggu (Waiting list) calhaj asal Kabupaten Maluku Tenggara yang terdaftar sampai hari ini sebanyak 520 orang, termasuk dalam kuota tahun 1439 H/2018 M dan siap untuk diberangkatkan sebayak 71 orang terdiri dari 28 orang laki-laki dan 43 orang perempuan. Sementara umur termudah calhaj atas nama Sari Binti Udin dengan usia 28 Tahun dan umur tertua atas nama Abdurrahman Rahakbau Bin Saleh Rahakbau 80 tahun.

Untuk transportasi kata Kakankemenag Malra, dari daerah asal Malra ke Embarkasi Makassar dan dari Embarkasi Makassar ke daerah asal ditanggung oleh Pemerintah daerah Kabupaten Maluku Tenggara. Plt. Sekda Maluku Tenggara, dalam sambutan menyampaikan agar jamaah calhaj untuk selalu menjaga kesehatan sehingga dalam menunaikan ibadah haji dalam keadaan sehat sehingga seluruh rangkaian ibadah haji di tanah suci berjalan dengan lancar.

Atas nama pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menyampaikan selamat jalan kepada para calhaj, semoga kembali dengan membawah predikat haji yang Mabrur. Usai memberikan sambutan dilanjutkan dengan penyerahan bendera kepada calhaj sekaligus jabatan tangan. (DR)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag