Memghadiri acara Khotmil Qur'an dan Wisudah Taman Pengajian Qur'an (TPQ) Al-Madinah


Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, yang di wakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Saradju Kelrey, Memghadiri acara Khotmil Qur'an dan Wisudah Taman Pengajian Qur'an (TPQ) Al-Madinah bertempat di Kompleks Batu Merah Dalam Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Minggu (6/12).

Ambon, (Inmas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, yang di wakili oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Saradju Kelrey, Memghadiri acara Khotmil Qur'an dan Wisudah Taman Pengajian Qur'an (TPQ) Al-Madinah bertempat di Kompleks Batu Merah Dalam Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, Minggu (6/12).

Kegiatan turut dihadiri Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, sekaligus memberikan sambutan menyoroti Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi umat manusia (hudallinnas) dengan cara membaca, memahami, menghayati dan mengimplementasi nilai-nilai kitab suci umat Islam.

Kakanwil dalam sambutannya juga juga meminta peran TPQ terus dihidupkan untuk pendalaman isi Al-Qur'an, "Saya titip pesan untuk penghatam Al-Qur'an, setelah khatam (tamat) membaca Al-Qur'an jangan tinggalkan TPQ, tapi terus datangilah TPQ untuk mendalami isi Al-Qur'an terkait hukum bacaan, makhraj (tempat keluar) huruf, dan tajwid atau ilmu tentang bagaimana cara mengucapkan huruf," terang Kakanwil saat memberikan hikmah pada Khotmil Qur'an dan Wisudah TPQ Al-Madinah .

Giat khatmil Al-Qur'an dan wisudah ini sudah berlangsung ketiga kalinya semenjak TPQ Al-Madinah berdiri sejak tahun 2013. Nama TPQ tersebut diambil dari nama Kota Madinah, tempat pertama kali terbangunnya peradaban Islam di muka bumi.

"Jangan berhenti mengajarkan anak-anak membaca, memahami, menghayati, dan mengimplementasi Al-Qur'an, karena itu empat cara terbaik menjadikan Al-Qur'an sebagai petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Islam," lanjut Kakanwil.

Sesuai kewenangannya, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku telah bekerjasama dengan TPQ dalam mewujudkan salah satu program prioritasnya, yakni penguatan pengamalan nilai-nilai ajaran agama. Bahkan saat ini, Kantor Kemenag Kota Ambon telah menyiapkan santunan sebesar Rp. 10.000.000,00 kepada masing-masing TPQ di Kota Ambon. Bantuan ini hanya diperuntukan bagi 200 TPQ yang telah mendaftarkan diri ke Kantor Kemenag setempat dan selanjutnya akan diupayakan di tahun akan datang untuk taman pengajian Al-Qur'an lainnya.

Kakanwil mengajak semua pihak sama-sama bergandengan tangan membangun kehidupan keagamaan yang lebih baik sekaligus menjadi benteng penangkal pemahaman intoleransi dan radikalisme.

"Solusi masalah retaknya persatuan, ketidakharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat adalah kembali kepada Al-Qur'an dan ajarkan Al-Qur'an itu kepada generasi mereka," tandasnya.

Setelah menyampaikan hikmah, Kakanwil berkesempatan menyerahkan sertifikat Khatam Al-Qur'an dan mewisudakan 20 orang wisudawan dan wisudawati TPQ Al-Madinah Batu Merah Dalam.

Hadir mendampingi Kakanwil, Kasubbag Perencanaan, Data dan Informasi Kanwil Kemenag Maluku, Jen Tepinalan, tokoh agama, dan orang tua wisudawan/wisudawati. ***(J/L)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online