Melihat Ponpes Bina Ulwatan Maluku Tengah



Inmas Ambon, - Pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan  pendidikan dan dakwah serta lembaga kemasyarakatan yang telah memberikan warna dalam dunia pendidikan, tidak hanya secara kultural bisa diterima, tapi bahkan telah ikut serta membentuk dan memberikan gerak serta nilai kehidupan pada masyarakat yang senantiasa tumbuh dan berkembang di daerah. Pandangan ini disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku saat mengungjungi Pondok Pesantren Bina Ulwatan, Kabupaten Maluku Tengah, yang berada di kasawan, puncak Sugiarto, Kelurahan Letuaru, Kecamatan Amahai Kabupaten Maluku Tengah. 

 

Pondok pesantren yang baru mendapat ijin oprasional dari kementerian agama ini, berdiri diatas lahan seluas tiga hektar.  Secara internal pengembangan sistem pendidikan di lembaga ini dilakukan secara terpadu. Mulai dari penyiapan sarana pendidikan, penyediaan fasilitas ruang belajar, Asrama santri, dan penyiapan tenaga pengelola pendidikan.  Saat ini  Ponpes Bina Ulwatan memiliki 6 tenaga pendidikan dan dipimpin oleh Umi Kalsum Rumadhan, sebagai pimpinan. 

 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agam provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag, mengatakan  Ponpes Bina Ulwatan sebagai lembaga pendidikan harus beperan dalam melahirkan generasi Maluku yang memiliki kualitas, beriman, berilmu dan beramal saleh. Sebagai Kakanwil dirinya menaru perhatian atas upaya masyarakat untuk  menghadirkan ponpes sebagai lembaga pendidikan, lembaga sosial, dan lembaga penyiaran agama sebagaimana fungsinya.

 

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kabupaten Maluku Tengah, Hanafi Rumatiga, mengatakan kehadiran lembaga pondok pesantren dibawa yayasan Bina Alwatan yang baru beroprasi di Maluku tengah menjadi sprit melahirkan generasi qurani di Maluku Tengah. " Saya menaru harapan agar lembaga ini dapat membentuk generasi quarani, genarasi yang memiliki kadar kualitas kimanan, berahlak, di Wilayah Kabupaten Maluku Tengah,"  harap Rumatiga

 

Hadir dalam kunjungan tersebut  Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Azis Sangkala, bersama anggota Komisi IV DPRD Provinsi Maluku,  \Kabid PHU Kanwil Kemenag Maluku, H. Yamin S.Ag. dan Kasubbag Umum dan Humas Kemenag Provinsi Maluku, Abd. Karim Rahantan. (ASA)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online