LIMA PESAN MOTIVASI PEMERINTAH DAERAH KEPULAUAN ARU BAGI 23 CALON HAJI DALAM UPACARA PELEPASAN



 

Dobo, (Inmas)- Walaupun cuaca dalam kondisi hujan lebat mengguyur Kota Dobo namun dua puluh tiga Calon Haji asal Kabupaten Kepulauan Aru tetap semangat dan dalam keadaan sehat menghadiri dan mengikuti upacara Pelepasan Jama'ah Calon Haji.

Upacara yang berlangsung penuh khidmat ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah bekerjasama dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru di Gedung Kesenian Sitakena pada Senin (20/6/2022) siang.

Bupati Kepulauan Aru yang diwakili oleh Wakil Bupati, Muin Sogalrey, dalam sambutannya menyampaikan lima pesan sebagai motivasi bagi 23 calon haji yang akan berangkat menjalankan rukun Islam yang kelima ke tanah suci.

Lima pesan itu adalah selalu tekun dan semangat dalam melaksanakan ibadah wajib dan yang menjadi rukun haji dengan penuh keikhlasan. Menjaga dan memperhatikan kondisi kesehatan fisik dengan mengatur waktu istirahat dan pola makan sehat serta banyak meminum air putih. Menjaga dan menjunjung tinggi martabat bangsa sebagai duta bangsa Indonesia yang berbudi pekerti luhur. Tidak lupa untuk tetap mendoakan keselamatan dan kesejahteraan Negara dan Bangsa Indonesia khususnya pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kepulauan Aru agar senantiasa pula dalam lindungan Allah SWT. Dan pesan yang terakhir Pemerintah Daerah kepada 23 calon haji adalah menjaga dan mempertahankan persatuan dan kebersamaan serta senantiasa menjalin silaturahim diantara sesama calon haji.

Sebelumnya dalam laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru sebagai Kepala Staf Penyelenggara Haji Kab. Kepulauan Aru yang dibacakan oleh Kepala Subbagian Tata Usaha, Wati Mangar, dilaporkan rincian jumlah calon jamaah haji yang masuk daftar tunggu sebanyak 735 yang diperkirakan masa pemberangkatanya antara 16 sampai 34 tahun dan diharapkan pemerintah daerah dapat berperan membantu peningkatan kuota haji di tahun berikutnya.

Wati Mangar juga melaporkan jumlah calon haji tahun 2022 ini sebanyak 23 orang yang terdiri dari 9 calo haji laki-laki dan 14 perempuan dimana calon haji termuda adalah Cyntia Rahmawati Husni yang berusia 25 tahun sedangkan yang tertua bernama Muhammad Akis Patu yang berumur 63 tahun.

Upacara pelepasan ditandai dengan penyerahan bendera rombongan Kab. Kepulauan Aru dari Kakankemenag Kepada Pemerintah Daerah untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua Rombongan.

Upacara pelepasan ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda, tokoh agama, pimpinan OPD, pimpinan TNI/Polri, pimpinan BUMN/BUMD dan keluarga jama'ah calon haji. Acara diakhiri dengan foto bersama 23 jama'ah calon haji dengan Wakil Bupati dan undangan yang dilanjutkan dengan salaman yang diiringi lantunan sholawat nabi.(humas)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online