Koordinasi dan Diskusi Validasi Data



Piru (Inmas). Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Barat menjadi bagian dari Forum Group Diskusi Validasi Data yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Seram Bagian Barat (2/7) ASN Kementerian Agama yang hadir mewakili Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Barat adalah Halid Sabban sebagai Pengelola data kelembagaan.

Menurut Djafa Tuny, S. Ag sebagai Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama kab. Seram Bagian Barat, setiap tahun selalu ada koordinasi dan permintaan data dari Badan Pusat Statistik di tingkat kabupaten. Data- data yang divalidasi setiap tahun adalah terkait dengan data umat, data lembaga keagamaan, data tenaga rohaniwan, data tempat ibadah, data pegawai dengan status pegawai Kementerian Agama dan data lembaga pendidikan dalam wilayah kerja Kementerian Agama.

“setiap tahun itu dari BPS selalu melakukan koordinasi untuk validasi data. Koordinasi tersebut dengan sendirinya memacu kita sebagai yang mengurus data untuk lebih dulu melakukan validasi data dan memerifikasi data secara berkala. Jadi saat ada lembaga yang minta data, datanya sudah ada dan kiya langsung dapat melakukan koordinasi dengan cepat, “ demikian penjelasan Tuny.

Selanjutnya, Halid Sabban sebagai ASN yang bertugas untuk mengelola data kelembagaan hadir dan mewakili Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Barat dalam kagiatan forum diskusi group tersebut. Dengan hasil diskusi adalah selalu melakukan validasi dan verifikasi data secara bertahap, menyusun data secara berkala, dan melakukan koordinasi secara lintas sektoral dalam kaitan dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan perubahan data sesuai dengan update terkini serta yang sangat penting adalah melakukan publikasi data sebagai Sumber informasi untuk publik dalam melihat perkembangan dan perubahan data suatu kelembagaan. (onaca/shk)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online