Keren, Santri Ponpes Ishaka Hiasi HSN 2019 Dengan Bela Diri Silat



 

Ambon, Inmas - Tidak hanya dihiasi dengan seremonial upacara semata, peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2019 tepat di halaman Pondok Pesantren (Ponpes) Ishaka Kampung Ahuru, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon juga diadakan pertunjukkan seni bela diri Silat, Selasa (22/10).

Berbagai ragam acara seperti upacara peringatan, pertunjukkan bela diri silat dan nyanyian shalawat yang dipusatkan di Ponpes Ishaka ini dilakukan dalam memeriahkan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2019. Semua pada intinya adalah mengenang perjuangan para kiyai dan santri pada 22 Oktober 1945 silam yang kemudian memantik perjuangan dan pertempuran heroik tepat 10 November 1945 untuk mempertahankan kemerdekaan serta kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari rongrongan penjajah.

Untuk mengenang kembali perjuangan para kiyai dan santri saat melawan penjajah inilah, melalui momentum peringatan Hari Santri Nasional yang keempat ini, barisan santri di Ponpes Ishaka, seusai melaksanakan upacara, rangkaian acara dimeriahkan dengan penampilan seni bela diri tradisional tersebut. Lincah dan cekatan mereka memainkan gerak dan jurus pencak silat warisan para kiai pesantren. Bukan hanya menghibur tetapi juga seolah membawa penontonnya ke masa-masa perjuangan para kiai dan santri dalam mempertahankan NKRI.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Jamaludin Bugis seusai memimpin upacara HSN 2019 bahkan meminta para ASN Kanwil Kemenag Maluku tidak meninggalkan lokasi upacara untuk sejenak menyaksikan kalangan siswa sarungan ini memperagakan ilmu bela diri yang dimiliki.

Upacara memperingati Hari Santri Nasional 2019 ini selain dihadiri puluhan santri pondok pesantren Ishaka, nampak hadir pula sejumlah pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku, Kepala Kemenag Kota Ambon, Zain Firdaus Kaisupy, kepala sekolah madrasah di Kota Ambon, ASN Kanwil Kemenag Maluku beserta ASN Kota Ambon. (ZAM)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online