Kepala MAN 3 Maluku Tengah Buka Sampul USBN


Kepala MAN 3 Maluku Tengah Buka Sampul USBN

Masohi(Inmas). Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SMA/MA pada MAN 3 Maluku Tengah resmi dibuka kepala madrasah, Ibrahim Hataul, S.Pd, pagi ini, Senin (19/3) bertempat di pelataran madrasah. Dalam arahannya, Hataul menjelaskan tentang peran USBN yang menjadi sangat strategis khususnya sejak Ujian Nasional (UN) tidak lagi menentukan kelulusan siswa. Menurutnya komposisi soal yang terbagi 90% pilihan ganda dan 10% soal uraian atau essay, merupakan  komposisi soal yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana 100% soalnya adalah pilihan ganda. Hal ini sesuai arahan menteri pendidikan, Muhajir Effendi tentang komposisi soal tahun ini yang didalamnya terdapat soal uraian adalah untuk mendeteksi kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa atau High Order Thinking Skill (HOTS).

Hataul juga berpesan kepada para pengawas agar ketika melakukan pengawasan di dalam ruang ujian hendaklah berlaku sebagai pengawas yang profesional yang dengan sungguh-sungguh dan dengan kesadaran tinggi, menyadari benar akan tugas dan tanggungjawabnya sebagai pengawas. “pengawas tidak boleh membawa alat komunikasi apapun ke dalam ruang ujian karena hal tersebut akan mengganggu konsentrasi peserta,” tegasnya.

Kepala madrasah kemudian menyematkan atribut peserta ujian secara simbolis dan membuka sampul ujian sebagai tanda dimulainya proses pelaksanaan USBN yang direncanakan berjalan mulai 19 Maret hingga 24 Maret 2018. Untuk tahun ini peserta ujian dari MAN 3 Maluku Tengah sebanyak 30 orang yang terbagi dalam jurusan IPA dan IPS. (UH/edited.OH)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online