Kemenag SBT Gelar Kegiatan Bimbingan Manasik Haji Dan Perjalan Ibadah Haji



Bula, Inmas - Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur menggelar kegiatan Bimbingan Manasik Haji Dan Perjalanan Ibadah Haji di Aula MIN 2 SBT, Sabtu (17/10).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Plt. Ka.Kankemenag SBT Moksen Mahu, S.Ag, Kepala KUA Lian Vitu, Kian Darat, Tutuk Tolu, dan Kepala Seksi Haji dan Umrah, beserta Zahra Alhadad S.Sos, dan Siti Aminiy Manaban S.Sos.

Kegiatan Bimbingan Manasik dan Perjalanan Ibadah Haji tersebut diikuti oleh 50 orang peserta yang telah mendapat surat Pendaftaran Pergi Haji (SPPH) yang terdiri dari tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Tutuk Tolu sebanyak 15 orang, Kecamatan Kian Darat sebanyak 18 orang dan Kecamatan Lian Vitu sebanyak 17 orang.

Plt. Ka.Kankemenag SBT, Moksen Mahu S.Ag dalam sambutannya mengatakan, perjalan haji ini adalah rukun islam yang ke 5, tetapi dalam perjanannya itu sangat membutuhkan salah satu persyaratan.

Persyaratnya lanjut Ka kankemenag ialah, kita harus mampu secara fisik maupun mampu secara ilmu manasik haji, serta mampu di bidang ekonomi. Karena perjalanan haji ini adalah perjalanan ibadah yang memang betul-betul membutuhkan kesanggupan kita.

"Kesanggupan yang pertama ialah, kesehatan kita harus di jaga, waktu istrahatnya harus di jaga pula," ucap Ka.kankemenag

Olehnya itu lewat kesempatan tersebut, Plt. kembali mengingatkan kepada para  jemaah haji agar lewat kegiatan ini kita dapat mempelajari ilmu manasik haji, sehingga menjadi bekal untuk perjalanan kita nanti.

Ketua Panitia Lil Hamdayah Juadi dalam laporannya berharap agar para peserta/jemaah dapat memahami materi yang diberikan terutama tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, pelimpahan porsi Jemaah Haji Wafat, tata cara pendaftaran haji dan pembatalan haji yang telah diatur dalam UU NO 8 Tahun 2019.

 "Masyarakat yang tinggal di daerah yang belum tersediannya akses informasi yang baik dapat menanyakan langsung pada KUA setempat terkait informasi mengenai haji karena dalam kegiatan ini para kepala KUA pun dilibatkan dalam mendampingi jemaahnya," ucap Hamdayah (KA)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online