Kemenag SBT Angkat Bicara Soal Baznas SBT Melalui Hukum Syariah



Bula (Inmas). Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur, Saat Ini Di Datangi Oleh Tim Aksi/Demo Dari Gerakan Pemuda Peduli Negeri (GPPN) Kabupaten Seram Bagian Timur,  Untuk Melakukan Aksi/Demo Terkait Dengan Pengelolaan Anggaran Badan Amal Zakat (BAZNAS) Kabupaten Seram Bagian Timur. Aksi Tersebut Bertempat Di Depan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur Pada Selasa 30 Juni 2020. 

Dalam rangka demo/aksi ini. tim aksi/demo Gerakan Pemuda Peduli Negeri Kabupaten Seram Bagian Timur sangat berharap Kepada Kepala Kantor Kementian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur agar dapat memanggil kepala Baznas Kabupaten Seram Bagian Timur, untuk meminta keterbukaan terkait pengelolaan Anggaran Badan Amal Zakat tersebut.

Sesuai dengan hasil kajian Pemuda Peduli Negeri Kabupaten Seram Bagian Timur, berdasarkan berbagai macam persoalan yang berhungungan dengan tata cara pengelolaan dana Baznas yang di amanatkan dalam peraturan Baznas Nomor 04 Tahun 2014 tentang pedoman penyusunan rencana kerja dan anggaran tahunan Badan Amal Zakat Nasional. oleh sebab itu permasalahan yang terjadi dilingkup Baznas Kabupaten Seram Bagian Timur, tentang ketidak keterbukaan pengelolaan anggaran Baznas, maka dari itu lewat aksi/demo ini Gerakan Pemuda Peduli Negeri Kabupaten Seram Bagian Timur, sangat meminta dengan tegas kepada ketua pengawasan Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur, sehingga sesegera mungkin memanggil dan mengefaluasi pimpinan Baznas Kabupaten Seram Bagian Timur. Ucap Para Aksi/demo.

Kepala Kasubag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur, Moksen Mahu S.Ag, yang di dampingi oleh Kepala Seksi Bimas Islam, Muran Sukunwatan S.Hi. Kasi Penye Haji Dan Umrah, Abdul Gani Rehalat S.Ag, M.Pdi, Dan Kasi Pendidikan Islam, Basri Rumatiga S.Ag, untuk memberikan tanggapan terkait dengan aksi/demo tentang pengelolaan anggaran atau keterbukaan Baznas Kabupaten Seram Bagian Timur.

Muran Sukunwatan menyampaikan kepada seluru aksi/demo bahwa funsi pengawasan Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur terhadap Baznas itu ada dua, yang pertama adalah audit dari akutan publik dan yang kedua adalah audit secara syariah, itu yang melekat pada kami di Kementerian Agama melalui seksi bimbingan masyarakat islam. oleh sebab itu bahwa hal-hal yang berkaitan dengan proses pelaksanaan penyelenggaraan fungsi dan tugas Baznas Kabupaten Seram Bagian Timur, kami dari Kementerian Agama melalui fungsi syariah suda beberapa kali kami melakukan audit syariah yaitu di tahun 2018, 2019, dan di tahun 2020. 

 

perlu diketahui oleh seluru para aksi/demo bahwa Kementerian Agama itu dibatsi dengan kewenangan, kewenangan kami hanya ada pada audit syariahnya saja, sedangkan kalau proseanya tidak bersandar pada mekanisme aturan yang sesuai dengan hukum-hukum syariah maka kami berkewajiban untuk melakukan teguran kepada Baznas. tetapi menyangkut dengan kewenangan-kewenangan lain yang sampai pada tingkat pemberhentian dan lain-lain sebagainya itu bukan ada pada kami di Kemenenterian Agama.Ucap Muran Sukunwatan. (KA)

 


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag