Kemenag Kota Tual Gelar Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H secara Virtual.


Laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual Drs. H. Hanafi Kasim, M.M.Pd pada Pelaksanaan Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah

Tual, Inmas - Perayaan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 Hijriyah secara virtual yang di laksanakaan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Tual, bertempat di Gedung Mitra Mart (22/08).

Dalam laporan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual Drs. H. Hanafi Kasim, M.M.Pd  menyampaikan momentum Hijrah ini sebagai muhasabah untuk mewujudkan tatanan kehidupan masyrakat yang beragama lebih baik ke depan, dengan sorotan Tema Semangat Muharram Sebagai Momentum Memaknai Esensi Ain Ni Ain"

"Tema ini mengandung nilai dan pesan-pesan moral yang amat dalam, yang di harapkan dapat mewujudkan Visi Pemerintah Kota Tual yang di motori oleh Bapak Adam Rahayaan dan Usman Tamnge, yakni kota tual yang Religius.cSekaligus dapat mewujudkan harapan Kementerian Agama dalam pengabdiannya kepada bangsa dan negara khususnya kota tual melalui Program Prioritas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku" lanjut Hanafi Kasim.

"Perlu kami sampaikan bahwa jelang pelaksanaan kegiataan ini, kami Kementerian Agama Kota Tual telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya : mendorong remaja masjid se-kota tual agar membentuk remaja masjid untuk di aktifkan kepengurusannya; Mendorong para Penyuluh Agama Islam untuk melakukan pembinaan sesuai sasaran binannya; Silaturahmi dengan seluruh majelis taklim se-kota tual dalam rangka persiapan kunjungan Ibu Pembina dan Penasehat Majelis Taklim Provinsi Maluku di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara; serta berbagai kegiatan lainnya" ucap Hanafi

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual yang juga selaku Penanggung Jawab Kegiatan menyampaikan Apresiasi kepada Pemerintah Daerah Kota Tual dan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku serta semua pihak atas segala dukungannya. Hanya kepada Allah SWT jualah semua pengabdian, kita serahkan" tutup Hanafi.

Dalam sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis melalui Virtual Zoom yang didengar langsung oleh seluruh tamu undangan, memberikan apresiasi tinggi kepada Kantor Kemenag Kota Tual yang telah mempelopori acara Peringatan Tahun Baru Islam.

Dalam sambutan tersebut Kakanwil menyampaikan beberapa pesan moral bagi seluruh masyarakat kota tual untuk kembali mengenang sejarah perjuangan mantan Walikota Tual Almarhum Drs. Hi. M. M. Tamher yang telah berjuang membangun Kota Tual sebagai Kota Religius.

"Kota Tual terkenal dengan falsafah ADA (Agama, Kubni "Pemerintah", Adat) maka mari sama-sama bertanggungjawab dengan tetap menggandengkan tangan bersama tokoh agama, pemerintah dan tokoh adat untuk mewujudkan perjuangan yang telah di gagas Oleh Almarhum Drs. Hi. M. M. Tamher, yaitu menjadikan Kota Tual sebagai kota religius, kerukunan dan toleransi antar umat beragama," pintanya.

Terakhir menutup sambutannya, Kakanwil mengajak umat Islam terkhususnya masyarakat Kota Tual kembali memaknai hijrah yang mengandung dua kata, dari dan menuju.

"Yaitu, dari kecintaan kepada selain Allah menuju kecintaan hanya kepada Allah, dari peribadatan kepada selain Allah menuju peribadatan hanya kepada Allah, dari berharap selain kepada Allah menuju berharap hanya kepada Allah, dari tawakkal kepada selain Allah menuju tawakkal hanya kepada Allah dan dari ketundukan kepada selain Allah menuju ketundukan hanya untuk Allah SWT semata," tutup Kakanwil.

Dalam sambutan singkat Walikota Tual Adam Rahayaan, S.Ag yang dibacakan oleh Wakil Walikota Tual mengapresiasi Kegiatan yang di Pelopori oleh Kementerian Agama Kota Tual, mari bersama-sama bergandeng tangan untuk mewujudkan masyrakat Kota Tual yang Reliqius.

Dalam rangkain acara tersebut di akhiri dengan tausiah oleh Ketua NU Kota Tual Ustd Drs. H. Arifin Dirinubun yang juga selaku mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tual pada periode pertama semenjak Kantor Kementerian Agama Kota Tual di bentuk, dan juga selaku mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara.

Hadir pada Kegitan tersebut Walikota Tual, Sekertaris Daerah Kota Tual, Bupati Maluku Tenggara yang di Wakili Oleh Asisten III Malra, Para Pimpinan SKPD di dua daerah, Unsur Forkopimda,  Pejabat dan Seluruh ASN Kemenag Kota Tual, Ketua MUI Kota Tual, Pimpinan Ormas, OKP, Tokoh Agama, Remaja Masjid dan Seluruh Majelis Taklim Se-Kota Tual. (MBR)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag