Kemenag Gelar Penguatan Bagi Penghulu dan Angka Kredit



Ambon (Inmas). Sebagai upaya membangun dan menampung aspirasi penghulu terkait problematika penilaian angka kredit untuk menempuh kenaikan pangkat dan peningkatan karir penghulu, Bimabingan Masyarakat Islam Kemenag Kota Ambon menyelenggarakan kegiatan penilaian angka kredit Jabatan Fungsional Penghulu bertempat di aula Kemenag Kota Ambon, Kamis (19/07). Kegiatan penilaian angka kredit bagi Jabatan Fungsional Penghulu berlangsung selama satu hari yang di ikuti 25 orang peserta dari unsur analis Kepegawaian Kantor Kemenag Kota Ambon dan penghulu pada KUA di lingkup Kemenag Kota Ambon.

Kakankemenag Kota Ambon, H.M Rusydi Latuconsina S.Ag, yang di dampingi Kasi Bimas Islam, H. Husein Sahiri S.Ag dalam sambutan mengatakan bahwa secara historis keberadaan penghulu tidak dapat dipisahkan dari dinamika kehidupan masyarakat dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembangunan secara menyeluruh, oleh karena itu peran Penghulu sangatlah penting. Tugas pokok dan fungsi Penghulu berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : PER/62/M.PAN/6/2005 tentang jabatan fungsional penghulu dan angka kreditnya adalah melakukan perencanaan kegiatan kepenghuluan, pengawasan pencatatan nikah/rujuk, penasehatan dan konsultasi nikah/rujuk, pemantauan pelanggaran ketentuan nikah/rujuk, pelayanan fatwa hukum munakahat dan bimbingan muamalah, pembinaan keluarga sakinah, serta pemantauan dan evaluasi kegiatan kepenghuluan dan pengembangan kepenghuluan.

Dalam hal ini sudah jelas bahwa jabatan penghulu merupakan ujung tombak Kementrian Agama di Kecamatan dalam tugas pelayanan, pengawasan dan pembinaan keagamaan khususnya pelaksanaan pernikahan dan rujuk. H.M Rusydi Latuconsina S.Ag juga menyampaikan sebagai seorang penghulu dituntut proaktif untuk melakukan kajian ilmiah yang berkaitan dengan hukum munakahat dan ahwalus syakhsiah, beserta muamalah. Seorang penghulu juga harus mampu dan mempunyai keahlian untuk menjawab setiap persoalan yang muncul di tengah masyarakat khususnya yang berkaitan dengan hukum syariat Islam, dan peraturan perundang-undangan yang ada, diharapkan setiap pelayanan yang berkaitan dengan hukum syarat Islam dan peraturan lainnya dapat terakomodir dan dapat memberikan kepuasan bagi masyarakat.

Kepada rekan-rekan penghulu H.M Rusydi Latuconsina S.Ag berpesan mari kita laksanakan tugas yang diamanahkan oleh pemerintah dengan penuh rasa tanggung jawab melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan dengan tetap berpedoman kepada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Diakhir sambutannya Kakankemenag berharap agar kepada seluruh peserta kegiatan agar tetap semangat menjalankan tugas, dalam pemenuhan untuk peningkatan jenjang karir dan jabatan penghulu, semoga kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi para penghulu dalam melaksanakan tugas kepenghuluan, ungkapnya. (Hm.W)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online