Kemenag Akan Perkuat Semua Satker Dengan Layanan Berbasis Web


Kasubbag Informasi Layanan Publik Biro Humas, Data dan Informasi Setjen Kemenag RI, Mohammad Khoeron saat memaparkan materi dalam Bimtek Jurnalistik dan Fotografi.

DIY, Inmas - Kementerian Agama (Kemenag) RI akan memperkuat seluruh satkernya dengan sistem informasi pelayanan publik berbasis web yang ditujukan untuk mempermudah informasi dapat di akses mengenai berbagai jenis layanan pada setiap satker di lembaga Kanwil Kemenag daerah masing-masing.

"Sistem informasi terkait layanan publik pendidikan madrasah misalnya dan lain-lain bisa dimasukkan dalam laman websitenya itu. Masyarakat juga akan mudah mengaksesnya," terang Kasubbag Informasi Layanan Publik Biro Humas, Data dan Informasi Setjen Kemenag RI, Mohammad Khoeron saat memaparkan materi strategi penyusunan konten publikasi pada kegiatan Bimtek Jurnalistik dan Fotografi Ditjen PHU Kemenag RI di Hotel Novotel Yogyakarta, Jumat (8/11).

Khoeron mengungkapkan, informasi yang dimasukkan ke laman websitenya meliputi visi dan misi serta pelayanan publik satiap satuan kerja.

"Misalnya syarat yang harus disiapkan saat mau mendaftar sekolah, dan seluruh kegiatannya yang dibuat," terangnya.

"Sebab percuma layanannya bagus-bagus tapi masyarakat tidak mengaksesnya," imbuh Khoeron.

Di Kementerian Agama sendiri terdapat ribuan satker di seluruh Indonesia, instansi dan unit kerja termasuk sekolah dari tingkat MI, MTs, MA dan MK. "Semua jenis layanan dari instansi tersebut harus ditampilkan," sebutnya.

Khoeron mengatakan, setiap instansi serta satker di Kemenag sebenarnya sudah memiliki aturan standar operasional prosedur dan standar pelayanan publik.

"Terkadang, hal itu belum dipublikasikasn secara umum. Melalui laman ini, layanan itu bisa diakses dengan mudah oleh masyarakat," tandasnya.

Khoiron berharap, sistem informasi pelayanan publik ini bisa segera dilakukan meskipun proses untuk mengunggah visi dan misi serta persyaratan untuk memperoleh layanan tersebut membutuhkan waktu yang tidak singkat.

"Tahun depan Insya Allah, semua satker harus memiliki website sendiri," pungkasnya. (ZAM)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online