Kasi Pendis Kemenag Kepulauan Aru buka ANBK



 

Dobo, (Inmas)- Pelaksanaan ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) Tingkat  MA/SMU Tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Aru di laksanakan  hari ini Rabu, (29/9) dan akan berlangsung selama 2 hari ke depan.

Upacara pelaksanaan ANBK Tingkat MA/SMU Tahun 2021 yang berlangsung di  MA Al-Hilal Dobo dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Pendidikan Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru, Idham Halik Rumaf, S.Ag., yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta asesmen secara simbolis kepada perwakilan dari masing-masing madrasah dan sekolah. 

Ketua Panitia Penyelenggara yang juga Kepala MAS Al-Hilal Dobo, M. Isa Rahawarin, S.E. melaporkan bahwa pelaksanaan ANBK tingkat MA/SMU Tahun 2021 yang dilaksanakan di MAS Al-Hilal Dobo diikuti oleh 3 madrasah/sekolah yaitu selain MAS Al-Hilal Dobo sebagai penyelenggara, ada MAS As-Syifa Tabarfane serta SMU 8 Longgar Apara sebagai madrasah/sekolah afiliasi.

Dalam sambutannya Kasi Pendis, Idham Rumaf menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan ANBK adalah untuk memberikan informasi kepada pemerintah terkait dengan kualitas/kemampuan proses belajar mengajar pada sebuah lembaga pendidikan secara nasional di seluruh Indonesia. Asesmen tidak hanya dilakukan kepada siswa/siswi tapi dilakukan secara menyeluruh kepada satuan pendidikan yang tujuannya untuk  memperbaiki kualitas belajar mengajar sehingga kedepannya ada peningkatan yang lebih baik.  

Rumaf berharap dengan adanya ANBK ini madrasah/sekolah yang masih kekurangan terkait dengan sumber daya maupun sarana prasarana dan penunjang lainnya harus dibenahi dan diperbaiki, sehingga ada peningkatan/perbaikan mutu pembelajaran yang akan berdampak pada mutu siswa.

“Saya harap madrasah/sekolah yang kekurangan entah itu SDM, sarana prasarana atau penunjang lainnya dalam proses pembelajaran harus dibenahi atau diperbaiki agar dapat menghasilkan anak didik yang berkualitas” pungkasnya.

Lebih jauh ia berharap kepada para peserta asesmen untuk fokus dalam menjawab pertanyaan yang diberikan meskipun  asesmen bukanlah satu-satunya penentu kelulusan seorang siswa  tapi  tetap  harus serius dalam mengerjakannya sebab asesmen ini untuk menjawab atau memberi  gambaran tentang kualitas  atau kemampuan siswa itu dan satuan pendidikannya.

Hadir pada upacara pembukaan Kepala madrasah/sekolah peserta ANBK, kepala MTs Basuki Rahmat Dobo, Kepala MI Al-Huzaifah Dobo, perwakilan yayasan Al-Hilal Dobo, dewan guru dan peserta ANBK.(ria)

 


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online