Kankemenag SBB Lakukan Pembinaan Penghulu



Piru (Inmas) Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab.SBB) melalui Seksi Bimas Islam melakukan pembinaan kepada para penghulu yang berasal dari tiap-tiap Kantor Urusan Agama lingkup Kab.SBB, Kamis (19/5).

Kepala Kankemenag, Drs.Hanafi Kasim, MM.Pd dalam sambutan menyebutkan bahwa seorang penghulu dalam membangun komitmen layanan perlu upaya maksimal dalam bertanggungjawab, dedikasi dan loyalitas tinggi sehingga kebutuhan dan keinginan masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

"Untuk mencapai kondisi itu seorang penghulu perlu mengenal tugas tanggungjawab, mengenal diri sendiri dan serta mengenal sifat karakter orang lain," urai Hanafi.

Selanjutnya, Hanafi juga menjelaskan bahwa indikator keberhasilan layanan di KUA harus ada nilai target dan capaian dalam suatu kegiatan serta perbaikan dan peningkatan pelayanan.

"Tidak terjadi penyimpangan dalam apa pun, tertib administrasi, akurat dalam basis data serta lakukan integrasi pelayanan antar lembaga," sebut Hanafi.

Sehingga untuk menjawab indikator itu, lanjut Hanafi, para penghulu dapat mengidentifikasi dan penyelesaian masalah serta mengembangkan sikap mental positif terkhusus dalam hal pelayanan kepada masyarakat.

Didampingi Kepala Subbag Tata Usaha, Djafar Tuny, S.Ag dan Kepala Seksi Pendidikan Islam, Djumadi Wali, S.Ag, Hanafi juga mengingatkan para penguhulu untuk mengenali permasalahan yang sering muncuk di KUA, Diantaranya: SDM dan prasana yang kurang memadai, peningkatan angka perceraian dan pemalsuan buku nikah.

"Juga merebaknya fenomena nikah siri yang tidak tercatat oleh negara dan fenomena dekadensi dan degradasi moral," tandas Hanafi.

Selain itu, Kepala Kankemenag meminta para penghulu untuk fokus meningkatkan pelayanan dan mengembangkan sifat positif tampil di masyarakat dengan sikap dan karakter yang terpuji.

"selalu tampil ramah, sopan dan penuh hormat, tampil yakin dengan sifat memaafkan serta mudah bergaul dan saling belajar antar sesama," tutup Hanafi. (HS)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online