Kankemenag SBB Gelar Pembinaan Penyuluh PNS dan Non PNS



Piru, (Inmas) - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab.SBB) melalui Seksi Bimas Islam menggelar pembinaan penyuluh agama PNS dan Non PNS yang berlangsung di Aula The Mitra Palace, Kamis (3/9).

Bertemakan pemberdayaan Ekonomi Umat, Taslim Tuasikal selaku Kepala Kankemenag Kab. SBB dalam sambutannya menghimbau kepada 25 peserta penyuluh untuk melakukan tugas membantu masyarakat dalam pemberdayaan ekonomi umat.

"Bukan hanya mengajarkan umat dalam pemahaman agama melainkan juga wajib melakukan pemberdayaan ekonomi umat," pinta Taslim.

Dikatakan, penyuluh agama harus menjadi pusat informasi sehingga masyarakat dalam memperoleh informasi berkenaaan dengan pembelajaran dan kehidupan beragama dapat terealisasi baik.

"Penyuluh harus bisa menjadi soko guru memberi pengetahuan agama kepada masyarakat berdasarkan kepercayaan agamanya masing-masing," jelas Taslim.

Selain itu, lanjut Kankemenag, penyuluh memiliki tugas sebagai advokatif yakni berperan sebagai pelindung membetengi umat dari pemikiran dan pemahaman radkalisme.

"Juga penyuluh agama sebagai tempat bertanya dan tempat mengadu dari umat untuk menyelesaikan berbagai masalah kehidupan sosial," tandas Kankemenag.

Penghujung sambutan, mantan Kepala Kankemenag Kab. Buru ini berharap, para peserta untuk menyerap materi dalam pembinaan ini dengan baik, agar ketika kembali ke masyarakat dapat diamalkan dan lakukan perubahan.

"Saya tidak mau mengengar keluhan-keluhan dari masyarakat terkait tugas penyuluh. Jadilah garda terdepan dalam bertugas dengan mengemban amanah dari Kementerian Agama dengan baik serta ikhlas" tegas Kankemenag.

Adapun turut menyertai Kankemenag SBB, Kepala Subbag TU, Djafar Tuny, S.Ag, para Kepala Seksi/Penyelenggara, Kepala KUA dan pemateri Ust Arsal Irsal Tuasikal, SH.MH, Wakil Ketua Baznas Provinsi Maluku dan Ketua Baznas Kab.SBB, Muhammad Amin, M.Si. (HS)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag