Kankemenag SBB Gelar Bimbingan Manasik dan Perjalanan Haji



Piru (Inmas) - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab.SBB) melalui Penyelenggara Haji dan Umrah menggelar Bimbingan Manasik dan Perjalanan Haji kepada Calon Jamaah Haji (CJH) yang berlangsung di Aula Penginapan Kholifah,Waisarisa, Rabu (11/5).

Drs.Hanafi Kasim, MM.Pd selaku Kepala Kankemenag Kab.SBB dalam sambutan menyebutkan Ibadah Haji merupakan ibadah wajib bagi umat Islam yang telah memiliki kemampuan sebagaimana rukun Islam yang kelima, Naik Haji Bagi yang Mampu.

"Wajib bagi umat Islam yang telah memiliki kemampuan fisik maupun kemampuan finansial," Imbuh Hanafi.

Dikatakan, Kementerian Agama membuat tiga opsi Keberangkatan CJH Tahun 2022. Opsi dibuat untuk mengantisipasi kebijakan dari Pemerintah Arab Saudi terkait Ibadah Haji di masa pendemi Covid-19. Opsi pertama kuota full, kuota terbatas dan yang ketiga tidak memberangkatkan Jamaah haji.

"Dan alhamdulillah setelah melalui proses yang panjang, Kementerian Agama memilih opsi yang kedua yakni opsi kuota terbatas. Dan Kab.SBB memperoleh kuota 45 dari 494 CJH untuk provinsi Maluku dengan ketentuan persyaratan usia harus dibawah 65 tahun" jelas Hanafi.

Sementara yang belum terangkum tahun ini, Lanjut Hanafi, diminta untuk bersabar, karena ini dilakukan pemerintah demi kebaikan dan keselamatan umat manusia terkhusus keselamatan rakyat Indonesia.

Diakhir sambutan, Kepala Kankemenag berpesan kepada CJH untuk mengikuti bimbingan manasik dengan baik dan benar. seriusi semua materi bimbingan yang akan disampaikan dari para narasumber yang berpengalaman.

"Serius lah dalam mengikuti bimbingan haji serta memohon kepada Allah SWT untuk memperoleh kesehatan dan ingatan baik di dalam menyerap seprangkat ilmu pengetahuan tentang manasik haji," tandas Hanafi. Nampak hadir Kasubbag Tata Usaha, Djafar Tuny, S.Ag, Kepala Seksi Pendidikan Islam, Djumadi Wali, S.Ag dan Kepala PHU, M.Ikhsan Narahaubun, S.Hi (HS).


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online