Kankemenag SBB Evaluasi Kinerja Penyuluh PNS dan Non PNS Piru



Piru, Inmas - Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab. SBB) melalui Seksi Bimas Islam melakukan evaluasi kinerja kepada para penyuluh PNS dan Non PNS Agama Islam yang berlangsung di Halaman Parkir Kankemenag SBB, Selasa (22/9).

Dalam rapat evaluasi Kepala Kankemenag Kab.SBB, Taslim Tuasikal, S.Ag yang didampingi Kepala Seksi Bimas Islam, Abd Gani Wael, S.Ag meminta dengan tegas kepada 47 untuk melakukan tugas penyuluhan dengan baik dan ikhlas karena rasa terpanggil untuk membina umat.

"Ingat, tanggung jawab penyuluh itu berat karena kelak akan diminta pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT," pesan Taslim.

Selain itu, Ia juga menegaskan kepada penyuluh yang hadir untuk segera memasukan laporan kinerja penyuluhan yang menjadi indikator realisasi kepenyuluhan di masyarakat.

Para Penyuluh, lanjut Taslim, sudah harus ditentukan keahlian sesuai dengan bidang ilmu akademis yang dimiliki, sehingga fokus penyuluhan kepada masyarakat dapat tepat sasaran dan bernilai.

"Penyuluh harus fokus sesuai dengan keahliannya masing. Keahlian Fiqih Muamalah, Aqidah, Akhlak, Manhaj dan Alquran itu harus dikuasai dengan baik sesuai kaidah-kaidah," jelas Kakankemenag.

"Siapkan materi-materi pendukung sesuai dengan fokus ilmu sebelum lakukan penyuluhan," sambung Taslim.

Pada kesempatan itu, Kakankemenag juga meminta para penyuluh untuk segera merubah pola pikir dan pola kerja serta orientasi ketika sudah menjadi penyuluh.

"Pola kerja yang biasa saja segera dirubah menjadi kerja yang luar biasa, pola pikir dan orentasi yang hanya bersifat kesenangan pribadi segera dirubah dengan pola pikir dan oreintasi inovatif kreatif," tutur Taslim

Lewat rapat ini juga, kembali Taslim mengingatkan untuk mematuhi protokol kesehatan dalam melakukan penyuluhan di lapangan. Kalau merasa kondisi fisik kurang memungkinkan atau sakit, maka jangan dulu lakukan penyuluhan karena dengan begitu kita telah berpartisipasi membantu pemerintah untuk memutus mata rantai penularan wabah pendemi Covid 19.

"Saya mengajak marilah kita terus berdoa Kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar wabah covid ini bisa segera berakhir di Indonesia dan terkhusus di Kab.SBB sehingga aktifitas masyarakat dapat kembali normal sedia kala," ajak Taslim.

Diakhir arahan evaluasi, Kakankemenag berpesan untuk menghargai apa pun nilai yang diberikan negara kepada para penyuluh.

"Sebesar dan sekecil apapun upah yang diterima setiap bulannya harus dihargai dengan ikhlas dan lapang dada sehingga kelak menjadi berkah dan bermanfaat bagi orang tua, istri dan anak-anak," tutup Taslim. (HS)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag