Kakanwil: Zakat Berperan Dalam Membangun Ekonomi Umat


Kakanwil Kemenag Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag memberikan sambutan pada kegiatan Workshop SKKNI Amil Zakat dan Peningkatan Literasi Bagi Penyuluh di Maluku Resort and Spa, Malteng, Senin (22/2). Foto: Resi Sahubawa

Ambon, Inmas - Kakanwil Kemenag Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag membuka kegiatan Workshop Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Amil Zakat dan Peningkatan Literasi Bagi Penyuluh di Maluku Resort and Spa, Malteng, Senin (22/2).

Kegiatan yang diselenggarakan Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku Tahun 2021 turut dihadiri pejabat eselon III dan IV lingkup Kanwil Kemenag Maluku.

Mengawali sambutannya, Kakanwil Kemenag Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag mengajak para peserta agar mensosialisasikan Instruksi Nomor 01 tahun 2021 tentang Gerakan Sosialisasi Penerapan Protokol Kesehatan (5 M). Gerakan 5M yang dimaksud yakni; memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi, serta menjauhi kerumunan.

"Ini bagian dari upaya kita untuk menekan laju paparan Covid-19 dan tentu saja ini bagian dari tugas kemanusiaan kita, sehingga diharapkan para penyuluh dapat mensosialisasikan gerakan 5M dan menjadi contoh penerapan protokol di masyarakat," ujar Kakanwil

Dikatakan, zakat merupakan aset yang memberikan manfaat yang besar dan berperan penting bagi pembangunan ekonomi umat, sehingga zakat perlu dikelola dan diberdayakan secara profesional, bertanggungjawab dan maksimal, untuk itu perlu adanya pemahaman terkait dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Amil Zakat.

"Dengan adanya UU pengelolaan Zakat maka diharapkan zakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, untuk itu perlu pemahaman masyarakat terkait dengan zakat sehingga zakat benar-benar dikelola secara maksimal dalam membangun ekonomi umat," kata Kakanwil

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil juga mengajak para penyuluh agama agar berperan ditengah-tengah masyarakat dalam merubah nilai-nilai kemanusian di lingkungan masyarakat dari tidak baik menjadi baik.

Sebelumnya, Kabid Bimas Islam Kanwil Kemenag Maluku M. Rusydi Latuconsina dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan zakat yang profesional, meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi penyuluh dan Amil Zakat dalam melaksanakan tugas dan fungsinya serta memberikan informasi teknis mengenai SKKNI bagi Amil Zakat

"Karenanya materi yang disampaikan berkenaan dengan menghadirkan Narasumber baik dari lingkungan Kanwil Kemenag Maluku dan Baznas Maluku," kata Latuconsina. (RESI)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online