Kakanwil : MTQ Menjadi Forum Silaturrahmi Masyarakat Maluku


Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku memberikan sambutan pada pembukaan MTQ Ke XXVIII Provinsi Maluku Tahun 2019 di Kabupaten Buru,

AMBON, INMAS - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama Provinsi Maluku, mengatakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XXVIII tahun 2019 yang berlangsung di Kabupaten Buru, menjadi forum silaturahim antar umat beragama terutama kaum muslimin dari berbagai golongan dan daerah yang memiliki tujuan dan niat mengikuti ajang kompetisi yang telah membudaya di kalangan masyarakat. "Mereka hadir dari penjuru kabupaten dan kota tidak sekedar ber-MTQ dan meraih prestasi terbaik, tetapi mereka juga hadir untuk menampilkan semangat membangun persaudaraan sesama saudara seagama, saudara sebangsa dan saudara sesama umatNya," Demikian, siampaikan Fesal Musaad, S.Pd, M.Pd, kepada pers di sela-sela kegiatan MTQ, Sabtu, (14/06).

Menurut Kakanwil,  Nuansa yang mengandung narasi kebangsaan ini harus terus dipelihara dan dikembangkan untuk membangun Provinsi Maluku tercinta sesuai harapan Gubernur dan Wakil Gubernur, yakni Maluku yang terkelola secara jujur, bersih melayani, sejahtera dan berdaulat atas gugusan kepulauan.  Penyelenggaraan MTQ ini tidak dapat dipisahkan dari upaya menumbuhkan kecintaan umat kepada Alqur’an, melalui kegiatan yang memadukan seni, ilmu dan agama. 

Kakanwil mengatakan, MTQ bukan hanya sebagai ajang lomba menang atau kalah dalam seni membaca Al-Quran, tetapi harus dipandang sebagai suntikan energi untuk membumikan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. MTQ sebagai sarana pengembangan seni telah menunjukan hasilnya. Tetapi  sebagai sarana pengembangan ilmu dan agama belum menunjukan dampak dalam masyarakat. Kenyataan ini memberikan isyarat bahwa masih belum banyak orang yang mengamalkan nilai-nilai  Alqur’an dalam kehidupan. 

Kakanwil menjelaskan, Dalam menyeimbangkan aspek kesemarakan dan penghayatan Alquran, pemerintah terus memberikan perhatian untuk TPQ, TPA maupun Tasbaq, taman seni baca tulis Alquran. Untuk itu apresiasi patut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Buru yang telah berhasil membumikan Alquran melalui Perda GELORA, Gerakan Bupolo Gemar Mengaji. Perda ini merupakan bagian dari upaya memperbaharui niat menyelenggarakan MTQ semata-mata untuk beribadah kepada Allah SWT, karena yang dimusabahkan adalah Kalam atau Firman Allah SWT. 

Kakanwil memberi apresiasi kepada Gubernur Maluku, Bapak Irjen. Pol (Pur) Drs.H. Murad Ismail yang telah meresmikan Pembukaan MTQ Tingkat Provinsi Maluku Ke-28. Ucapan terima kasih juga, kami sampaikan kepada Bupati Buru, Bapak Ramly Umasugi, SPI, MM dan Wakil Bupati Buru, Amus Tofa Besan, SH serta segenap lapisan masyarakat Buru yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan keagamaan yang penting ini. (ASA)

 


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online