KAKANWIL KEMENAG PROVINSI MALUKU, KUNJUNGI BUMI FUKA BIPOLO


Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag. dalam berbagai agenda di Kabupaten Buru Selatan

Namrole (Inmas) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag. melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Buru Selatan, Rabu (03/11/2021). Dalam lawatan kerja itu, Kakanwil didampingi Kepala Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Rusdi Latuconsina, S.Ag., dan Kepala Bidang Humas dan Umum, Abdul Karim Rahantan, S.Ag.

Kehadiran orang nomor satu dalam jajaran Kementerian Agama Provinsi Maluku ini, disambut bahagia oleh seluruh pimpinan, staf dan pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buru Selatan, karena ini merupakan kunjungan pertama bagi Kakanwil di Bumi Fuka Bipolo yang berslogan Lolik Lalen Fedak Fena (Satukan Hati Membangun Negeri) ini.

Disambut dengan tarian khas Buru Selatan dan pemakaian Ifutin (Lestare) di Bandara Udara Namrole, Kakanwil dan rombongan langsung dibawa ke Hotel Alfris untuk beristiahat. Selanjutnya Kakanwil menuju Kantor kementerian Agama Kabupaten Buru Selatan untuk melakukan pembinaan kepada seluruh ASN, Honorer DIPA, dan Penyuluh Agama Non PNS lingkup Kemenag Buru Selatan. Dalam pembinaan yang dilakukan,  Kakanwil menekankan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Peraturan Perundang-undangan adalah 'pakaian' ASN Kementerian Agama, karena point ini termasuk dalam lima program Kementerian Agama" tegas Kakanwil.

Kakanwil juga memberikan pesan kepada seluruh ASN, Honorer DIPA, dan Penyuluh Agama Non PNS untuk selalu mengedepankan kerja yang berorientasi pada tanggung jawab dan pelayanan prima. "Saya berpesan agar semuanya dalam bekerja harus berorientasi pada tanggung jawab, pelayanan prima, tidak terfokus pada hal-hal adminsitratif saja, bukan berorientasi pada uang. Kuncinya kerja iklhas, penuh semangat, jangan kejar jabatan, nanti jabatan yang kejar kita" demikian nasihat Kakanwil.

Bertemu Bupati

Usai melakukan pembinaan ASN, selanjutnya Kakanwil melakukan pertemuan dengan Bupati Buru Selatan Hj.  Safitri Malik Soulisa, S.I.P. Di ruang kerja Bupati Buru Selatan, Kakanwil menyampaikan komitmen Kementerian Agama dalam mendukung upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Buru Selatan  menangani pencegahan Covid-19, salah satunya dengan mendukung maksimalsasi pelaksanaan vaksin kepada masyarakat. Kakanwil juga mempersilahkan pemanfaatan Tenaga Penyuluh Agama Non PNS oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Buru Selatan, dalam menyukseskan program-program pemerintah daerah di bidang agama dan keagamaan.

 Sosialisasi Moderasi Beragama

Usai bertemu Bupati Buru Selatan, Kakanwil kemudian bersilaturrahmi dengan seluruh tokoh agama se-Kabupaten Buru Selatan di Aula Kantor kementerian Agama Kabupaten Buru Selatan. Dalam agenda silatrurrahmi tersebut, Kakanwil menyampaikan betapa pentingnya moderasi beragama di dalam membangun bangsa dan negara Indonesia.

Dalam paparannya, Kakanwil menguraikan tentang pluralnya bangsa Indonesia dari segala sudut pandang, yakni suku, agama, ras, budaya dan bahasa. Keragaman tersebut adalah modal untuk membangun bangsa dan negara menuju kemajuan dan kesejahteraan bersama, imbuhnya.

"Indonesia ini besar, Indonesia ini majemuk, Indonesia ini adalah sepenggal surga yang dititipkan Allah di muka bumi, maka perlu dijaga dalam keberagaman dan kebersamaan." jelas Kakanwil.

Dalam kesempatan itu pula, Kakannwil menitipkan pesan kepada seluruh tokoh agama yang hadir untuk menjadi cahaya di tengah-tengah ummat, menjadi penerang, pendamai, pelindung, pengayom, dan perekat antar ummat beragama. "Bagi saya, tokoh agama itu cahaya. Maka saya pesan kepada seluruh tokoh agam untuk menjadi penerang, pendamai, pelindung, pengayom dan perekat di tengah masyarakat yang heterogen" demikian Kakanwil menjelaskan.

"Saya titipkan Buru Selatan kepada seluruh tokoh agama agar dijaga kedamaiannya, keramahannya dan kesejukannya menuju Buru Selatan yang sejahtera lahir dan batin" tutup Kakanwil dalam kegiatan silaturrahmi tersebut.

Maulid Nabi di Desa Waly (Kampung Key)

Kakanwil menutup lawatannya dengan acara Perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, bersama masyarakat Desa Waly Kecamatan Namrole. Dalam perayaan Maulid tersebut Kakanwil bertindak sebagai Pembawa Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW. Adapun pesan-pesan Maulid yang disampaikan oleh beliau adalah persatuan, persaudaraan, saling memaafkan, saling mengasihi, dan saling mendukung dalam rangka suksesnya segala program kerja Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah Kabupaten Buru Selatan. Masyarakat Desa Waly sangat antusias mengikuti dan mendengarkan nasihat-nasihat yang disampaikan oleh Kakanwil, yang mana dalam penyampaian nasihat-nasihat tersebut, Kakanwil sesekali menggunakan bahasa Key, yang tentu saja makin menambah hikmatnya acara maulid pada malam itu (Humas Kemenag Bursel_R. Polpoke)

 

 


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online