Kakanwil Kemenag Maluku Sapa Penyuluh Agama Kabupaten SBB



Piru (Inmas) Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag berkesempatan hadir dan menyapa para penyuluh Agama PNS/Non PNS Agama Islam, Kristen dan Katholik dalam rangkaian agenda kegiatan yang di pusatkan di Dusun Pulau Osi, Kecamatan Seram Barat, Jumat, (10/9).

Dalam menyapa, Kakanwil sangat mengapresiasi kinerja para penyuluh yang telah bertugas menjadi corong pemerintah untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat  terutama penyuluhan terhadap sejumlah Surat Edaran Menteri Agama Tentang penanggulangan Covid-19 dan Protokol Kesehatan 5M dan 1D.

"Tanpa penyuluh agama, edaran dan instruksi menteri tidak akan sampai ke wilayah-wilayah pelosok pedesaan. Jasa para penyuluh sangat besar dan luar biasa," kagum kakanwil.

Menurutnya, penyuluh agama memiliki tugas yang sama beratnya dengan TNI/Polri dalam menjaga teritorial keutuhan dan keamanan negara. Yakni penyuluh juga memiliki bertugas dalam menjaga dan memperbaiki moral masyarakat dan itu merupakan pekerjaan yang sangat berat.

"Penyuluh harus bertugas  bisa merubah polah pikir, mental, hati dan iman masyarakat ke arah yang lebih baik olehnya, Kementerian Agama sangat membutuhkan penyuluh agama yang handal, cakep dan profesional," kata Kakanwil.

Peserta Kegiatan

Penyuluh agama yang profesional itu, lanjut Kakanwil, adalah penyuluh yang memiliki rasa tanggungjawab dibarengi dengan semangat dan ihklas dalam bekerja serta memiliki kemampuan dan pengetahuan yang memadai didalam menyeru dan melayani masyarakat.

"Mari selalu mengedepankan nilai budaya kerja Kementerian Agama dengan berintegritas, profesionalitas, tanggungjawab, inovasi dan keteladanan," ajak kakanwil.

Dipenghujung arahan, Kakanwil kembali mengajak para penyuluh untuk membawa pesan moderasi beragama didalam melakukan penyuluhan kepada masyarakat. karena dengan pesan moderasi masyarakat dikuatkan untuk tetap istiqomah dengan ajaran agamanya dan menghargai hargai ajaran agama lainnya.

Turut mendampingi Kakanwil, Taslim Tuasikal, S.Ag selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian (Kankemenag) Barat (Kab.SBB) sejumlah Pejabat eselon III,IV lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Pejabat eselon IV Kankemenag Kab.SBB, para Kepala KUA serta para penghulu Agama. (HS)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online