Kakanwil Kemenag Maluku Ikut Peletakan Batu Pertama Masjid Agung Bersama Gubernur Maluku dan Bupati



Piru, Inmas - Gubernur Maluku Irjen. Pol. Drs. Murad Ismail bersama Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku, H. Jamaludin Bugis, S.Ag dan Bupati Seram Bagian Barat, Drs. Moh Yasin Payapo, M.Pd melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Agung Nurul Yasin di Kabupaten SBB, Jumat (9/4).

Ikut mendampingi pada prosesi peletakan batu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.SBB, Taslim Tuasikal, S.Ag, pimpinan dan anggota DPRD, sejumlah pimpinan OPD Provinsi Maluku, Kepala BPK Provinsi Maluku, Forkopimda Provinsi Maluku, Forkopimda Kab.SBB, pimpinan OPD Pemkab SBB, pejabat eselon IV Kankemenag SBB, tokoh dan pimpinan Agama, serta tokoh masyarakat.

Bupati Kab.SBB, dalam sambutan mengatakan pembangunan Masjid Agung Nurul Yasin merupakan awal  rangkaian pembangunan tiga rumah ibadah di Kab.SBB yakni pembangunan Gereja Protestan dan Gereja Katolik, yang semuanya demi meningkatkan dan mengawal toleransi umat beragama di Kab.SBB, sehingga masyarakat umat beragama ikut  bertanggungjawab dalam menciptakan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di Kab SBB. 

Sementara itu Gubernur Maluku dalam sambutan menyambut baik dan mengapresiasi pembangunan Masjid Agung Nurul Yasin. Pembangunan ini dinilai sebagai proses titik awal pembangunan peradaban umat Islam dan dan juga berfungsi sebagai tempat ibadah.

Selanjutnya, ia berpesan jadikan masjid sebagai wadah pembinaan Jamaah didalam menghadapi pokok-pokok persoalan hidup sekaligus berfungsi sebagai tempat menyelesaikan persoalan-persoalan keumatan.

Masjid bukan hanya difungsikan sebagai ibadah ritual semata melainkan dijadikan sebagai wadah ragam aktifitas pembinaan akidah, akhlak dan pembinaan sosial kemasyarakatan dan perekonomian umat.

Dipenghujung sambutan, Gubernur meminta kepada panitia pembangunan untuk mengoptimalkan sumber-sumber pembiyaan yang sah yang tidak mengikat dari pihak manapun. 

"Mari kita bergotong royong dalam menyelesaikan pembangunan masjid ini sehingga nantinya menjadi pusat peradaban pembangunan umat dan masyarakat di daerah SBB yang semuanya dalam rangka mewujudkan pembangunan Provinsi Maluku secara jujur, bersih, terjamin dalam kesejahteraan yang berdaulat dalam gugusan kepulauan," pinta Gubernur.

Pada momen berharga itu, juga diberi bantuan dari Pemerintah Provinsi Maluku untuk pembangunan rumah ibadah yang tersebar di beberapa Desa dan Dusun di Kab.SBB. (HS)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online