Kakanwil Beri Tips Bangun Keutuhan Keluarga


Foto bersama Kakanwil bersama peserta kegiatan Bimbingan Keluarga Kristen, didampingi Kepala Bidang Bimas Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Nansij Latuheru beserta sejumlah pejabat eselon III/IV lingkup Kanwil Kemenag Provinsi Maluku di Hotel Golden Palace, Ambon, Kamis (1/8)

Ambon, Inmas - Hubungan keluarga menjadi harmonis adalah kondisi ideal yang diimpikan setiap pasangan suami istri. Sebab itu, pemahaman seputar mempertahankan hubungan rumah tangga tetap utuh menjadi penting. Untuk mengetahuinya, tidak salah kita mengintip beberapa tips agar dijadikan sebagai inspirasi.

Seperti disampaikan Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Fesal Musaad melalui kegiatan Bimbingan Keluarga yang diselenggarakan Bidang Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kanwil Kemenag Provinsi Maluku di Hotel Golden Palace Ambon, Kamis (1/8) kemarin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Provinsi Maluku dan diikuti 25 orang peserta kegiatan dari 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku.

Kakanwil lewat kesempatan tersebut memberikan beberapa tips kepada peserta kegiatan agar hubungan keluarga tetap utuh. Berikut rahasianya.

Pertama, menjalankan tugas domestik. Kakanwil menyebutkan, membantu menyelesaikan pekerjaan rumah dapat mendatangkan kesenangan tersendiri bagi seorang istri.

"Selain tugas kantor, pulang kerja bantu istri anda selesaikan pekerjaan sehingga ia merasa terbantu. Poin ini penting untuk menjaga hubungan keluarga," jelas Kakanwil.

Kedua, saling memahami. Kakanwil mengungkapkan, tidak bisa memahami satu sama lain adalah penyebab timbulnya masalah dalam berumah tangga.

"Contohnya saja, saat istri sedang sibuk memasak. Tiba-tiba anak-anak menangis mengajaknya bermain, sementara anda asyik bermain handphone. Tentu hal ini dapat membuat istri emosi dengan tingkah anda. Lebih baik jika anda membantu istri menemani anak-anak agar ia segera menyelesaikan pekerjaannya," sebut Kakanwil.

Ketiga, tumbuhkan kepercayaan. Saling percaya antara kedua belah pihak adalah kunci meraih keharmonisan rumah tangga. Jangan biarkan pikiran dan hati saling menaruh curiga satu sama lain. Karena jika suatu hubungan tidak dilandasi kepercayaan, maka tidak akan bertahan lama.

"Memang tidak mudah untuk membangun kepercayaan. Namun, jika anda berfikir positif tentang pasangan anda, tentu pikiran-pikiran buruk yang menyebabkan rasa curiga akan sirna seketika," jelas Kakanwil.

Keempat, jaga komunikasi dengan baik. Komunikasi yang baik, kata Kakanwil, adalah hal terpenting untuk menjaga keharmonisan dalam rumah tangga.

"Jika selama ini anda jarang menelpon atau hanya mengirim pesan singkat saat sedang berada di kantor. Cobalah untuk sesekali menelepon istri anda saat istirahat. Anda bisa bertanya hal-hal ringan seperti dia sedang apa atau sudah makan belum. Hal ini tentu membuat istri merasa diperhatikan oleh anda meskipun sedang tidak bersama. Sementara,sebagai seorang istri berusahalah untuk meminta ijin terlebih dahulu jika pergi keluar rumah saat suami masih bekerja. Dengan begitu suami tidak akan khawatir ketika dia pulang dan mendapati anda tidak sedang dirumah," urai Kakanwil.

Kelima, terbuka dan terus terang. Salah satu alasan terciptanya rumah tangga harmonis adalah tidak ada rahasia. Kakanwil memberikan tips berikutnya, berusahalah untuk tidak menutupi apapun dari suami maupun istri. Jika terdapat masalah, sampaikanlah pada masing-masing pihak. Selain bisa memecahkan masalah bersama, mereka merasa dibutuhkan dan diakui keberadaannya.

"Contohnya, anda lebih sering memegang ponsel anda. Cobalah untuk lebih sering menyerahkan hp anda ke pasangan anda. Hp satu, jangan dua, nanti bahaya. Sehingga tidak ada rasa curiga bahwa anda sedang berselingkuh dibelakangnya," kata Kakanwil disambut ungkapan tawa dari para peserta.

Keenam, menjadwalkan liburan bersama. Rutinitas sehari-hari suami dalam bekerja pasti cukup melelahkan. Begitu juga istri yang sibuk dalam mengurus anak dan tugas-tugas rumah. Sebab itu, berlibur bersama dapat mendatangkan keharmonisan dalam keluarga.

"Rencanakan liburan dengan matang dan sesuaikan dengan bujet. Jika anda memiliki alokasi dana yang cukup, berlibur ke tempat wisata yang belum pernah dikunjungi agar bisa menjadi pilihan yang menyenangkan," cetus Kakanwil.

Ketujuh, tanamkan sifat bersyukur. Poin terakhir ini merupakan rahasia dalam menjaga keharmonisan rumah tangga adalah dengan mensyukuri karunia Tuhan yang telah memberikan jodoh terbaik.

"Walaupun kadang anda memarahi istri karena permasalahan kecil, ingatlah bahwa dia adalah pilihan anda sendiri yang perlu dijaga sampai kapanpun. Ingat juga bagaimana anda berjuang mendapatkan cintanya. Dengan begitu anda dapat memahami betapa istri memang wanita yang cocok untuk. Begitu juga anda sebagai seorang istri. Bersyukurlah memiliki suami yang penuh tanggung jawab terhadap keluarganya. Ingatlah bagaimana dia berusaha untuk meyakinkan anda bahwa dia adalah pria yang tepat untuk anda. Suami anda juga seorang kepala keluarga yang tegas dalam menjaga kehormatan keluarga serta penuh perhatian dan sayang pada anda beserta anak-anak," tandas Kakanwil mengakhiri.

Selain memberikan sejumlah tips kepada para peserta, lewat kesempatan tersebut kakanwil turut menyumbangkan dua buah Kitab Suci bagi sepasang suami istri. Diharapkan, hal itu dapat memberikan energi positif dalam pembangunan dan keutuhan keluarga. (ZAM) 


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online