Kakanwil Apresiasi Kegiatan Pemilihan Bintang Vokalis Qasidah Gambus dan Pop Religi Tingkat Maluku


Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag membacakan sambutan pada acara Pemilihan Bintang Vokalis Qasidah Gambus dan Pop Religi tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021 di Aula RRI Ambon, Minggu (10/10).

Ambon, Inmas - Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag  menghadiri sekaligus membacakan sambutan pada acara Pemilihan Bintang Vokalis Qasidah Gambus dan Pop Religi tingkat Provinsi Maluku Tahun 2021.

Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Seni Qasidah (LASQI) DPW Maluku dan Pemprov Maluku tersebut dibuka oleh Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Maluku, Sadali Ie di Aula RRI Ambon, Minggu (10/10) malam.

Pembukaan ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Plh. Sekda didampingi Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku dan Sekretaris DPW LASQI Maluku Aji Muhammad.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang disampaikan Plh. Sekda menyampaikan, berkaitan dengan penyelenggaraan dimaksud ada tiga hal penting bagi setiap peserta lomba.

Pertama, penyelenggaraan perlombaan bernuansa religius seperti ini, tidaklah juga dimaknai sebagai formalitas acara seremonial semata, namun lebih dari pada itu, sebagai upaya komprehensif dalam rangka pembinaan kerohanian umat Islam, khususnya bagi generasi muda.

Kedua, ini tentunya harus menjadi perhatian kita bersama, karena seni musik religius Islami memiliki nilai ganda, yakni sebagai sarana syiar dan dakwah, serta berfungsi sebagai sarana untuk melestarikan kebudayaan yang bernuansa Islami, sekaligus mentransformasikan nilai-nilai positif kepada masyarakat.

Ketiga, Pemprov Maluku menyampaikan terima kasih kepada para Ketua DPD Lasqi kabupaten/kota se-Maluku yang telah mengirimkan kafilah pada pemilihan bintang vokalis qasidah dan pop religi tingkat Provinsi Maluku tahun 2021. 

"Saya percaya dengan kemampuan yang telah dimiliki oleh Lembaga Lasqi Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota mampu mengakomodir, memotivasi dan mengembangkan potensi sumber daya seniman-seniman Islami yang religius dan berkualitas," harap Gubernur.

Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku dalam sambutannya mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan dengan harapan dapat melahirkan generasi muda yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya Islam, membentuk karakter Islami yang berakhlakul karimah, santun, cerdas dan religius.

"Olehnya itu kita harus ikut mendorong dan memberikan motivasi agar seni Islami semakin tumbuh berkembang seiring perkembangan zaman," kata Kakanwil

Dikatakan, dalam konteks pengembangan seni Musik Islami di Provinsi Maluku, penyelengara event ini harus diposisikan sebagai salah satu bentuk dari usaha sungguh-sungguh dalam mewujudkan pesan-pesan kenabian, dan LASQI dapat menjadi pioner dalam melestarikan dan mempertahankan nilai-nilai budaya trafisional yang bernilai religius.

"Penyelenggara bernuansa seni Islami diharapkan juga berdampak pada semakin suburnya sikap hidup masyarakat yang penuh cinta kasih, kebersamaan dan etika moral serta dapat menciptakan generasi yang berprestasi di bidang seni qasidah," kata Kakanwil

Penyelenggara Pemilihan Bintang Vokalis Qasidah Gambus dan Pop Religi tingkat Provinsi Maluku harus dimaknai dalam arti dapat mempererat tali persaudaraan, memperkokoh Ukhuwah Islamiyah, Wathaniyah, Insaniyah dan Basyariah demi membangun seni musik Islami di Maluku.

"Olehnya itu diharapkan dengan kegiatan ini dapat menjadi wadah inspirasi bagi pihak-pihak terkait dalam upaya pembinaan dan pengembangan kesenian islam sehingga mampu mengangkat Maluku dalam kancah kesenian bertaraf nasional maupun internasional," pungkas Kakanwil

Sementara itu, Sekretaris DPW LASQI Provinsi Maluku, Aji Muhammad menyampaikan, jumlah peserta yang akan mengikuti lomba sebanyak 51 orang.  Puluhan peserta ini, sebutnya berasal dari Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku Tengah, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, Buru Selatan dan Kota Ambon.

"Peserta akan mengikuti lima cabang mata lomba, yaitu bintang vokalis anak-anak, remaja, dewasa (putra dan putri) serta bintang pop religi bagi anak-anak dan remaja (Putra dan putri)," tandasnya.

Turut hadir dalam acara pembukaan, sejumlah Pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku, Para Ketua DPD LASQI kabupaten/kota se-Maluku, Pimpinan Umat Beragama, Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat, Dewan Juri, peserta dan panitia Festival Seni Qasidah tingkat Provinsi Maluku. (RESI)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online