Kakanwil Ajak Masyarakat Tual Jadi Pelopor Pembangunan Kehidupan Keagamaan


Kakanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis memberikan sambutan secara virtual pada peringatan 1 Muharram 1442 H, di Ruang rapat pejabat Kemenag, Sabtu (22/8) malam. Foto: Zamhir

Ambon, Inmas - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis, S.Ag mengajak masyarakat Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara menjadi pelopor untuk membangun kehidupan keagamaan di negeri tersebut.

"Jadilah pelopor untuk membangun kehidupan keagamaan di negeri yang kita cintai. Tetap mengedepankan persatuan, perdamaian dan kerukunan," kata Kakanwil saat menyampaikan sambutan pada acara Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H yang digelar Kantor Kemenag Kota Tual secara virtual, Sabtu (22/8) malam.

Acara yang berlangsung dengan sorotan tema "Semangat Muharram Sebagai Momentum Maknai Esensi Hidup Dengan Semangat Ain Ni Ain" turut dihadiri Wakil Walikota Tual Usman Tamange, Kepala Kantor Kemenag Kota Tual, Hanafi Kasim beserta Forkopimda Kota Tual, pimpinan OPD dan pimpinan lembaga keagamaan se-Kota Tual. Sementara mendampingi Kakanwil para pejabat eselon III lingkup Kanwil Kemenag Maluku.

Selaku pimpinan tertinggi di tubuh Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Kakanwil memberikan apresiasi tinggi kepada Kantor Kemenag Kota Tual yang telah mempelopori acara Peringatan Tahun Baru Islam.

"Hal tersebut memberikan arti yang sangat mendalam bagi kehidupan umat manusia. Dari sini kita menyaksikan kebersamaan yang dipraktekkan secara beradab oleh berbagai golongan agama yang berbeda-beda untuk ikut hadir memeriahkan acara Peringatan Tahun Baru Islam," jelas Kakanwil.

Kakanwil juga menilai makna lain dari peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW adalah tonggak sejarah berawalnya pembangunan moderasi beragama serta mewujudkan perdamaian dan persatuan.

"Kita kenal Kota Madinah adalah negara majemuk, plural dan beragam agamanya tetapi masyarakatnya hidup rukun serta saling mencintai satu sama lainnya dan itulah moderasi beragama sesuai esensi ajaran Islam yang sesungguhnya," urainya.

Sebabnya, Kakanwil menyerukan kepada seluruh umat Islam untuk mempelajari serta mengaktualisasikan nilai-nilai hijrahnya Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari, baik lingkungan keluarga maupun hubungan relasi sosial mereka.

"Mari kita awali tekad, ketulusan pribadi yang menjunjung tinggi kebenaran harus bisa menjadi suri tauladan di hadapan publik," tuturnya.

"Kita tidak suka perpecahan, maka rapatkan barisan untuk selalu siap menjaga perdamaian," tambahnya.

Selanjutnya, Kakanwil kembali menyampaikan pesan moralnya bagi seluruh warga Kota Tual untuk kembali mengenang sejara perjuangan mantan Walikota Tual Almarhum Hi. M. M. Tamher yang telah berjuang membangun Kota Tual sebagai Kota Religius.

"Kota Tual terkenal dengan falsafah Aini Ain, maka mari sama-sama bertanggungjawab secara kolektif dengan tetap menggandengkan tangan bersama pemerintah dan tokoh agama untuk mewujudkan perjuangan beliau menjadikan Kota Tual sebagai kota religius, kerukunan dan toleransi antar umat beragama," pintanya.

Terakhir menutup sambutannya, Kakanwil mengajak umat Islam terkhususnya warga Kota Tual kembali memaknai hijrah yang mengandung dua kata dari dan menuju.

"Yaitu, dari kecintaan kepada selain Allah menuju kecintaan hanya kepada Allah, dari peribadatan selain Allah menuju peribadatan hanya kepada Allah, dari berharap selain kepada Allah menuju berharap hanya kepada Allah, dari tawakkal kepada selain Allah menuju tawakkal hanya kepada Allah dan dari ketundukan kepada selain Allah menuju ketundukan hanya untuk Allah SWT semata," tandasnya. (ZAM/RS)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag