Kakankemenag Kota Ambon Membuka Pelaksanaan UNBK Tingkat MA.



Ambon (Inmas), Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Drs. H. Zain Firdaus Kaisupy membuka secara resmi pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer UNBK Tingkat Madrasah Aliyah (MA) bertempat di MAN. 1 Ambon, Senin (01/04/19).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Drs. H. Zain Firdaus Kaisupy ketika  membacakan sambutan tertulis Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Mosaad S.Pd M.Pd mengatakan selama ini insan Madrasah akrab dengan Tagline “ Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah “. Tahun 2019 Direktorat Pendidikan Islam menyuntikan ke Rahim Madrasah Spirit baru yang lebih optimistis dan menantang yaitu “ Madrasah Hebat Bermartabat “. Perubahan diatas selain bersifat Sematik tetapi juga harus bersifat Supstantif. Kedepan Madrasah tidak boleh hadir hanya sekedar menambah jumlah tetapi harus berperan selain sebagai perawat warisan keagamaan, keumatan tetapi juga harus menjadi aktif dalam kebangkitan negeri.

Kakankemenag, Drs. H. Zain Firdaus Kaisupy dihadapan peserta ujian mengingatkan kepada para siswa yang sebentar lagi akan menjadi para alumni Madrasah untuk hendaknya dikondisikan melalui proses kependidikan dan pembelajaran untuk menatap Visi besar diatas, alumni Madrasah harus menjadi anak-anak Bangsa yang bukan saja hebat dalam berprestasi tetapi juga bermartabat dalam arti memiliki karakter positif, hal ini senapas dengan Tema Ujian Nasional Tahun 2018-2019 yakni “ Prestasi wajib, jujur diutamakan “ ungkap Firdaus.

Untuk tahun pelajaran 2018-2019 peserta ujian Madrasah se-Maluku berjumlah 8.477 siswa, yang terdiri dari Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 2.368, Madrasah Tsanawiyah (MTs) 3.514 dan Madrasah  Ibtidayah (MI)sebanyak 2.775. Adapun jumlah peserta ujian khusus untuk Kota Ambon berjumlah 1.403 dengan rincian Madrasah Aliyah (MA) 308 siswa, dan untuk Madrasah Aliyah Negeri 1 (MIN.1) Ambon berjumlah 181 siswa, untuk Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 632 dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 463.

Kakankemenag, Drs. H. Zain  Firdaus Kaisupy mengharapakan mudah-mudahan pada saat pengumuman nanti seluruh siswa  yang mengikuti ujian Nasional dinyatakan lulus seluruhnya atau 100 %, sebagai kata tambahan pencapaian Ujian Nasional Tahun pelajaran 2017-2018 Provinsi Maluku pada tahun lalu, Bahasa Indonesai  mencapai rata-rata 63,11 %, Bahasa Inggris 49,93 %, Matematika 44,44 %, Fisika 44,48 %, Kimia 56,67 %, dan Biologi 49,77 % dengan total siswa 1.245 peserta Ujian.

Mengakhiri sambutannya Kakankemenag berpesan kepada peserta ujian khususnya di MAN. 1 Ambon agar selalu optimis dan tetap fokus dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan, jaga kesehatan dan stamina selama mengikuti ujian dan yang terakhir perbanyak Do’a agar setiap usaha yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang baik, ungkap Firdaus. (Hm.W)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online