Kakankemenag Kepulauan Aru Melakukan Supervisi di MA Alhilal Dobo


Satu ruang belajar digunakan untuk 2 rombongan belajar bahkan ada yang menerima pelajaran di halaman madrasah

Dobo (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru, Drs. H. Ismail Rumfot didampingi Kepala Seksi Pendidikan Islam, Wati Mangar, SE. beserta staf beberapa hari yang lalu tepatnya Kamis, (20/9/2018) melakukan supervisi di Madrasah Aliyah Alhilal Dobo.

Supervisi yang dilakukan di Madrasah Aliyah Alhilal yang merupakan salah satu dari dua madrasah aliyah yang berada di kota Dobo Kabupaten Kepulauan Aru bertujuan untuk menilai dan memperbaiki hal-hal yang mempengaruhi proses pembelajaran dan meningkatkan mutu pembelajaran sehingga menciptakan lulusan yang baik, kualitas maupun kuantitas. 

Dari supervisi yang dilaksanakan oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Aru dan rombongan yang mengecek langsung keberadaan guru-guru yang sedang melaksanakan proses belajar mengajar di kelas-kelas berjalan lancar tapi masalah yang didapat dalam satu kelas terdapat 2 rombongan belajar yang berjumlah lebih dari 80 siswa, bahkan ada rombongan belajar yang melaksanakan proses belajar mengajar di halaman sekolah karena tidak adanya ruangan belajar. Menurut keterangan dari kepala madrasah, Saleh Rumkel, S.Ag. jumlah siswa di Madrasah Aliyah Alhilal Dobo mencapai 553 siswa. Hal ini tidak sebanding/tidak wajar karena melebihi kapasitas sedangkan ruangan belajar yang ada hanya 9 kelas.

Kakankemenag minta kepada pihak madrasah yang sudah mendapat akreditas B di tahun 2015 ini untuk membatasi penerimaan siswa baru walaupun peminatnya cukup banyak karena hal ini akan mengganggu proses pembelajaran yang berdampak pada mutu pembelajaran dan mutu kelulusan. Ia berharap sesegera mungkin untuk duduk bersama dengan pihak yayasan untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapi karena ini adalah tanggung jawab bersama walaupun madrasah ini milik yayasan tapi izin operasionalnya oleh Kementerian Agama.

Ia juga berharap kepada para guru untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya yang sudah dipercayakan oleh yayasan maupun kementerian Agama untuk membenahi tempat tugasnya demi nama baik bersama.(ria) 

 


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online