KAKANKEMENAG KAB. SBT DENGAN RESMI MEMBUKA KEGIATAN PELATIHAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA


KAKANKEMENAG KAB. SBT DENGAN RESMI MEMBUKA KEGIATAN PELATIHAN KERUKUNAN UMAT BERAGAMA (Foto Istimewah)

Bula. Inmas – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Seram Bagian Timur, H. Muhamad Jen Tepinalan, S.Hi, Dengan Resmi Membuka Kegiatan “Pelatihan Kerukunan Umat Beragama Di Wilayah Kerja Kantor Kemnterian Agama Kabuapten Seram Bagian Timur,Yang Diselenggarakan Oleh balai Diklat Keagamaan Ambon, Pada Senin 30/05/22.

 

Dalam sambutannya kakankemenag menyampaikan bahwa, kegiatan pelatihan kerukunan umat beragama ini merupakan ajang dalam kita menyamakan visi dan presepsi secara bersama untuk pembinaan kerukunan yang lebih dinamis baik interen umat beragama ,antar umat beragama maupun antar umat beragama dengan pemerintah yang merupakan pilar penting dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Apalagi masyarakat seram bagian timur yang majemuk terdiri dari berbagai agama diantaranya : Islam sebanyak 95,5%,  Kristen 27,0%, Katolik 11,9%, Hindu 0,35%, Budha 0,01% sehingga Suku, ras dan adat istiadat yang berbeda, keragaman ini disatu sisi merupakan kekayaan budaya bangsa yang sangat berharga serta menjadi kebanggaan kita dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dalam pembangunan, namun sebaliknya kemajemukan ini dapat menimbulkan kemudhorotan bahkan akan menimbulkan konflik social, suku, ras bahkan agama yang sangat mengancam perpecahan  dan integrasi  nasional jika kita salah memilihnya.

 

Oleh sebab itu salah satu cara yang perlu kita lakukan dalam rangka mewaspadai dan mencegah konflik adalah dengan membangun kesadaran untuk selalu memiliki sifat waspada serta menjaga saling pengertian antara pemeluk agama di masyarakat dan tetap menjaga persatuan sebagai satu bangsa dan se-tanah air. 

 

Kehidupan beragama di kabupaten seram bagian timur saat ini dalam suasana yang sangat kondusif, ini semua karena peran tokoh/pemuka agama dan majelis agama dari masing-masing agama dalam memberikan bimbingan dan penyuluhan kepada umatnya.

 

 

untuk itu harapan kakankemenag kab. SBT berharap agar setiap pemeluk agama dapat menjalankan ajaran agamanya dengan sebaik-baiknya, sehingga akan tumbuh rasa persaudaraan di antara sesama dan tidak mempertentangkan perbedaan karena pada dasarnya agama adalah mengajarkan tentang kebaikan dan perdamaian. Ucap M.Jen Tepinalan

 

melalui kegiatan ini saya mengajak seluruh peserta sebagai komponen masyarakat untuk selalu menghilangkan rasa curiga mencurigai antara satu dengan yang lain serta agar dapat hidup di tengah-tengah masyarakat yang berbeda agama secara berdampingan dalam keadaan suatu yang rukun, dengan kerukunan, kita dapat mengatasi semua permasalahan secara arif, baik kerukunan intern umat beragama maupun antar umat beragama dengan pemerintah. Karena kerukunan merupakan sumbangan besar umat beragama dalam menegakan persatuan dan kesatuan bangsa serta lajunya pembangunan.

 

Untuk itu penekanan kerukunan hidup beragama hendaknya diletakan pada upaya terbentuknya kerukunan dinamis,produktif, otentik yang bercorak toleransi positif dan berwawasan nasional saya berharap kepada peserta kegiatan ini agar dapat mengagendakan langkah-langkah yang harus di tempuh dalam menghadapi tantangan di masa mendatang dan selalu waspada terhadap isu-isu yag dapat memecah belah umat. Kata M. Jen Tepinalan.

Perlu diketahui bahwa peserta yang dapat mengikuti pelatihan kerukunan umat beragama ini berjumal 30 orang yang terdiri dari beberapa kecamatan (KA)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online