Kakankemenag Isi Kultum Perdana Ramadhan


Kakankemenag Isi Kultum Perdana Ramadhan

Masohi (Inmas). Salah satu agenda positif pegawai dalam mengisi bulan suci Ramadhan di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah adalah mendengarkan ceramah agama. Hari pertama Ramadhan ini, Kamis (17/5) setelah menjalankan shalat zuhur berjamaah, Kakankemang, Drs. H. Japri Kabalmai membawakan kultumnya yang bertajuk Makna dan Hakekat Puasa pada jamaah di Musholla Ikhlas Beramal.

Bersyukurlah kita masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bersua dengan nikmatnya bulan Ramadhan, ujarnya mengawali. Karena bulan Ramadhan merupakan bulan peningkatan amal ibadah, yang dijanjikan Allah digandakan berkali lipat. Dijelaskan olehnya, ibadah puasa merupakan ibadah rahasia antar manusia dengan penciptanya, sehingga setiap pahalanya hanya  Allah yang mengetahuinya, kita sebagai manusia hanya menjalankannya dengan sebaik mungkin dengan mengisi ramadhan dengan berbagai amalan.

Puasa bukan hanya menahan diri dari makan dan minum, tetapi juga menahan diri dari segala hawa nafsu, berbicara negatif, bercanda berlebihan yang hanya akan menjadikan pahala puasa berkurang. “Berbicaralah yang ma’ruf, yang bisa mengajak orang pada kebaikan,” tegasnya.

Kabalmai juga mengingatkan untuk meninggalkan segala kesibukan jika azan telah dikumandangkan. “Ajak orang teman-teman di dalam ruangan atau masyarakat yang sedang dilayani, insyaAllah itu akan menjadi pahala dakwah bagi kita,” tuturnya menutup.(OH.Foto:LH)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online