KAKANKEMENAG BURU MENGHADIRI PENCANANGAN VITAMIN A



Buru (Inmas). Pencanangan bulan vitamin A yang diselenggarakan oleh Penggerak PKK bekerjasama dengan Dinas Kesehatan di Dusun Nametek Namlea, dihadiri oleh Kakankemenag Buru, Taslim Tuasikal, ketua penggerak PKK, Ny. Sukmawati R Umasugi dan seluruh mitra kerja penggerak PKK. Rabu, (14/2).

Perempuan dan anak sebagai mata rantai yang tidak dapat dipisahkan karena karakter seorang anak terbentuk sejak dalam kandungan hingga dewasa. Adalah penting sebagai orang tua sekaligus ibu untuk memberi dan memperhatikan kesehatan, pendidikan, etika yang baik, sarana dan prasarana yang baik serta tumbuh kembang anak untuk membentuk mata rantai keemasan.

Dalam sambutan ketua penggerak PKK, Ny Sukmawati mengatakan setiap bulan Februari dan Agustus, di posyandu dibagikan vitamin A untuk anak balita. Sasaran program ini kepada balita, usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Vitamin A yang dibagikan adalah vitamin A dosis tinggi. Ada 2 jenis vit A yang diberikan yaitu yang biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 sd 11 bulan, dan yang merah (200.000 IU) untuk usia 12 sd 59 bulan.

Agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal dibutuhkan antara lain vitamin. Vitamin-vitamin ini selain dapat diperoleh dari makanan dapat juga diperoleh melalui suplemen-suplemen yang mengandung vitamin. Salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A atau yang disebut juga retinol. Vitamin A berfungsi untuk menjaga kelembaban dan kejernihan selaput lendir, memungkinkan mata dapat melihat dengan baik dalam keadaan kurang cahaya (sore atau senja hari), serta pada ibu nifas akan meningkatkan mutu vitamin A dalam ASI, sehingga bayi akan mendapat vitamin A yang cukup dari ASI.

Vitamin A dapat diperoleh pada minyak hati ikan, kuning telur, mentega, krim dan margarin. Sedangkan provitamin A dapat diperoleh dari sayur-sayuran berdaun hijau gelap dan buah-buahan berwarna kuning atau merah serta minyak kelapa.

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan terhambatnya pertumbuhan dan gangguan pada kemampuan mata dalam menerima cahaya. Anak mengalami kekurangan energi dan protein, juga disebabkan penyimpanan dan transpor vitamin A pada tubuh yang terganggu.

Pemerintah dalam menyikapi masalah kekurangan vitamin A berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan memberikan vitamin A kepada anak balita secara gratis diseluruh Indonesia dalam rangka menyongsong HUT Kabupaten Buru ke 46.

Berkenaan dengan masalah kekurangan vitamin A pemerintah juga melakukan pemberdayaan melalui peningkatan kapasitas dan kualitas melalui proses pembelajaran serta upaya untuk optimal setiap orang tua untuk senatiasa tidak lupa membawa anaknya ke posyandu terdekat agar tumbuh kembang anak dapat diketahui secara periodik.(humas/ancha)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online