Kabag TU Hadiri Monitoring Pencegahan Terorisme


Kabag TU Kanwil Kemenag Maluku H. M. Yasir Rumadaul, S.Ag, M.Pd.I menghadiri kegiatan Monitoring Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme Melalui FKPT di Swiss-Belhotel Ambon, Kamis (25/1/2021). Foto: Resi Sahubawa

Ambon, Inmas - Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. M. Yasir Rumadaul, S.Ag, M.Pd.I menghadiri kegiatan Monitoring Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme Melalui FKPT di Swiss-Belhotel Ambon, Kamis (25/1/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Maluku mengusung Tema" Bersama Kita Tingkatkan Kinerja" turut dihadiri Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT  M. Chairil Anwar, para tokoh agama, OPD Maluku terkait, LSM dan Insan Pers.

Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Maluki pada kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan Monitoring Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme dalam rangka meningkatkan kinerja dalam pencegahan paham Terorisme di Provinsi Maluku.

Dikatakan, Kementerian Agama selalu aktif dalam melakukan pencegahan terorisme dengan melibatkan para penyuluh Agama bekerjasama dengan organisasi keagamaan dan pihak-pihak terkait dengan harapan dapat mencegah penularan paham-paham terorisme di tengah-tengah masyarakat.

"Kita juga akan melakukan sosialisasi dan kolaborasi melibatkan Madrasah dengan target peserta didik dan para guru dalam penguatan Moderasi Beragama, ini penting dalam pencegahan paham-paham Teroriame atau paham radikalisme," pungkas Kabag.

Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT, HM Khairil Anwar menyampaikan,  kegiatan monitoring ini sebagai bentuk penyampaian program sekaligus evaluasi yang telah dilakukan oleh pihaknya selama tahun 2020.

"Selain itu juga menyusun program kerja untuk tahun 2021 dan penyusunan pengurus FKPT periode 2021-2022," kata Anwar

Dikatakan, saat ini pihaknya fokus meningkatkan kinerja jajarannya dalam upaya pencegahan penyebaran faham radikalisme dan terorisme bersama masyarakat.

Ia menjelaskan, pihaknya banyak melakukan program deradikalisasi dan pembinaan terhadap masyarakat. 

“Kita ada 5 bidang dari media, pemuda, masyarakat, perempuan dan anak,” ucapnya.

Ia mencotohkan, di bidang media, pihaknya banyak mengajari para anak muda untuk membuat video konten-konten kreatif. (RESI)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online