Kab SBB Melepas 123 CJH Menuju Asrama Haji Ambon



Piru (Inmas) Kabupaten Seram Bagian Barat (Kab.SBB) melepas sebanyak 123 Calon Jamaah Haji (CJH) yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 14 bertolak menuju Asrama Haji Waiheru Ambon guna selanjutnya menunggu jadwal untuk ke diberangkatkan menuju embarkasi Makasar.

 

Dalam sambutan, Bupati Kab.SBB Drs. Moh Yasin Payapo, M.Pd menyampaikan CJH hendaknya melakukan ibadah haji bermuara pada prilaku untuk menjadi suri teladan kepada sesama umat manusia, daerah, bangsa dan negara.

 

“CJH harus Memahami hakekat ibadah haji, karena ibdah ini dilakukan secara lahiriyah dan batiniah. Ini merupakan kontrak perjanjian dengan Allah SWT untuk berhenti meninggalkan perbuatan dan tabiat yang tidak baik yang pernah dilakukan sebelumnya,” Kata Bupati.

 

Selain itu, ia juga meminta kepada CJH untuk selalu mendoakan kebaikan dan kemajuan Kabupaten SBB untuk selalu sejahtera aman dan tentram. “Siapkan diri fokuskan hanya untuk beribadah, selalu berdzikir dan berdoa serta saling membantu antar sesama Jamaah dalam melaksanakan rukun-rukun haji,” lanjut Bupati.

 

Semantara itu, Taslim Tuasikal, S.Ag selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. SBB mengatakan, untuk memperoleh haji mabrur dan hajjah mabrurrah, harus diawali dengan niat yang tulus dan diikuti dengan rangkaian ibadah haji, baik itu rukun maupun wajib haji sesuai dengan cara yang diajarkan oleh Allah SWT dan Rasul-nya.

 

“harus pula menjauhi hal-hal yang dapat mengurangi dan menghilangkan kemabruran haji seperti, Rafas yaitu perbuatan dosa yang disebabkan gejolak nafsu, Fusuq yaitu perbuatan dosa yang disebabkan oleh sifat-sifat tercela seperti sombong, iri hati dan adu domba dan Jidal yaitu perbuatan dosa yang disebabkan ketidaksabaaran sehingga timbul pertengkaran dan berbantah-bantahan,”jelas Taslim dalam laporan Kepala Staf Penyelenggara Haji Kab.SBB pada acara pelepasan Jamaah Haji yang dilaksanakan di Gedung Hatutelu Piru, Minggu (13/7).

 

Dalam laporan tersebut, Taslim juga merinci jumlah kuota CJH Kab. SBB berjumlah 124 namun yang berangkat sebanyak 123 orang akibat satu CJH meninggal dunia atas nama Wa Isa La Dinane La Tengka. “Semantara untuk CJH termuda a.n Pahnida Pattimura dengan usia 34 tahun yang berasal dari Dusun Air Buaya dan CJH Tertua a.n Sariyanto dengan usia 102 tahun dari Desa Waimital,” papar Taslim.

 

Pada kesempatan itu, ia juga menghimbau kepada para CJH, ketika telah tiba di Arab Saudi untuk menghormati aturan, ketentuan serta budaya yang berlaku di negara tersebut. Hendaknya menghindari dan menjauhi tindakan yang tidak terpuji dan tidak melakukan kegiatan yang dilarang oleh pemerintah Arab Saudi, serta tidak pula mudah terprovokasi oleh isu-isu yang belum jelas kebenarannya. “untuk menghindari itu semua CJH hendaknya mengkonsentrasikan dirinya dalam beribadah yang merupakan tujuan utama kedatangannya di tanah suci tersebut,” himbau Taslim.

 

Selanjutnya, ia juga menyebutkan CJH akan berbaur dengan CJH lain dalam melakukan ritual ibadah haji dengan waktu dan tempat yang sama sehingga CJH harus menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi tersebut.

 

“hilangkan sikap egois, mau benar sendiri, buang sikap arogan dan sikap meremehkan orang lain. bangun rasa kasih sayang dan semangat kebersamaan. perkuat persaudaraan, perkokoh persatuan, kembangkan jiwa solidaritas, pupuk sikap toleransi dan saling menghormati, serta tampillah sebagai sosok haji indonesia yang santun dan berakhlakul karimah,” pesan Taslim.

 

Pada kesempatan itu, tidak lupa Taslim menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kab.SBB dan DPRD Kab.SBB yang sampai saat ini masih konsisten memberikan perhatian dan bantuan melalui APBD demi menunjang kelancaran penyelenggaraan ibadah haji di Kab. SBB.

 

Diakhir laporan, Ia juga mengucapkan selamat kepada CJH Kab.SBB dalam menunaikan ibadah haji seraya mendo’akan semoga memperoleh Haji Mabrur dan Hajjah Mabrurah.

 

“InsyaAllah ketika CJH kembali ke tanah air akan memperoleh predikat haji yang mabrur dan Mabrurah dan semua amalan ibadah haji diterima disisi Allah SWT. Amin,”doa Taslim dan diaminkan oleh para hadirin. (HS)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online