Ka.Kanwil Minta ASN dan Tokoh Agama di Malra Kawal Penguatan Moderasi Beragama



Malra, (Inmas) – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku H. Yamin, S.Ag., M.Pd.I meminta peran sentral tokoh lintas agama dan jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tenggara terus mengawal keberlangsungan upaya penguatan moderasi beragama di tengah masyarakat.

Pesan ini disampaikan Ka.Kanwil Kemenag Maluku saat memberikan pembinaan kepada ASN dan tokoh agama yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Majelis Taklim Ikhlas Beramal Kemenag Maluku Tenggara dalam balutan silaturahmi. “Diperlukan peran kolektif antar tokoh agama, majelis taklim dan ASN untuk membumikan moderasi beragama serta memantapkan faham keagamaan secara moderat,” kata Ka.Kanwil di Maluku Tenggara, Sabtu (6/11/2022).

Selain menjadi salah satu dari 7 program prioritas Kementerian Agama RI, moderasi beragama harus dapat dipahami secara benar serta diimplementasikan. “Jangan sampai terjadi pendangkalan pemahaman akan arti moderasi beragama yang sesungguhnya,” jelas Ka.Kanwil 

Menurut Ka.Kanwil, secara jujur saat ini masyarakat memandang tokoh agama merupakan figur yang dapat diteladani. Diharapkan, mereka dapat menjadi penggerak implementasi moderasi beragama yang tidak hanya di masyarakat Maluku Tenggara, melainkan Provinsi Maluku yang setiap wilayahnya memiliki kekhasan tersendiri. 

Ka.Kanwil menambahkan, banyak negara lain yang menjadikan Maluku sebagai class room toleransi umat beragama. Wilayah ini dipandang mampu merajut persatuan dan kesatuan meski memiliki ragam suku, budaya, bahasa dan agama

"Berbeda dengan negara-negara di Timur Tengah yang memiliki sedikit suku dan budaya, namun peperangan kerap terjadi sehingga banyak korban tidak bersalah berjatuhan," terang Ka.Kanwil. 

Ka.Kanwil pun mengajak ASN, tokoh agama dan masyarakat di Maluku Tenggara untuk senantiasa bersyukur bahwa setiap perbedaan dan kesalahpahaman dapat diselesaikan secara damai dan musyawarah. Sehingga umat beragama bisa langgeng dan tidak terpecah belah. "Mari kita berwawasan moderat dalam beragama. Junjung tinggi nilai-nilai perbedaan, karena perbedaan itu merupakan sunnatullah yang tidak bisa dibantahkan," tandas Ka.Kanwil. 

Hadir mendampingi Ka.Kanwil, Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Maluku M. Yasir Rumadaul, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Maluku Tenggara Ahmad Raharusun, Kepala Kantor  Kemenag Kota Tual  Echan Rumaf, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah La Fatah, Sub Koordinator Umum dan Humas Abdul Karim Rahantan dan Ketua DWP Kanwil Kemenag Maluku Wulida Lukman Tamher Yamin. (***) 


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online