Ka.Kankemenag SBB Wisudakan 156 Santri TPQ Se-Kecamatan Huamual Belakang



Piru (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama (Ka.Kankemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Drs. Hanafi Kasim, M.M.pd wisudakan 156 santri yang berasal dari enam TPA/TPQ se-Kecamatan Huamual Belakang yang dipusatkan di Kantor Desa Waesala, Kamis (25/11).

Dalam sambutan Ka.Kankemenag mengatakan pelaksanaan Khatmil Qur'an dan Wisuda ini merupakan wujud persaudaraan dan persatuan ukhuwah antar umat Islam.

Harapan Kementerian Agama dan akan menggandeng pemerintah daerah untuk kedepan terus mewujudkan generasi insan pecinta dan penghafal.

"Wisuda Al-Quran harus terus digaungkan dan dibumikan di negeri, desa dan kecamatan di bumi saka mese nusa ini" tutur Hanafi.

Melalui kesempatan ini, Ka.Kankemenag juga meminta masyarakat untuk meninggikan nilai-nilai ketuhanan dengan menjaga hubungan dengan Allah SWT dan hubungan antar umat beragama dengan landasan moderasi bergama.

"Tidak boleh saling mengklaim kebenaran dan memaksa kehendak orang lain dalam beragama. Saling memahami, menghormati dan mengindahkan antar sesama," pinta Hanafi.

Selanjutnya, Ka.Kankemenag juga meminta kepada para orang tua santri untuk senantiasa mendidik anak sebagai generasi yang takut pada Allah SWT dengan tidak meninggalkan mereka menjadi anak yang dhoif.

"Anak-anak yang lemah ekonominya, lemah ilmunya dan lemah akhlaknya. Ini pesan dari Allah SWT kepada kita sebagai orang tua untuk lebih bertanggung jawab," jelas Hanafi.

"Didiklah anak-anakmu dengan adab dan ahklak Al-Quran, dengan begitu InsyaAllah anak-anak akan terhindar dari prilaku bermaksiat kepada Allah SWT," pesan Hanafi

Diakhir sambutan, Ka.Kankemenag mengapresiasi dengan berterima kasih kepada para guru TPQ yang telah mendidik para santri dengan ridho dan ikhlas mengajarkan mereka menjadi generasi islami yang kokoh yang akan melanjutkan tongkat estafet keberlangsungan kemajuan bangsa dan negara.

Turut hadir para pejabat eselon IV dan sejumlah ASN lingkup Kankemenag Kab.SBB, Pejabat Desa Waesala, Forkopimcam, Tokoh agama, para imam masjid dan tokoh masyarakat. (HS)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online