Ka.Kankemenag SBB Mewisuda 33 Santri TPQ Nurul Akhlak Dusun Waemeteng Pantai



Piru (Inmas) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Drs Hanafi Kasim, MM.Pd mewisuda 33 santri dari TPQ Nurul Ikhlas Dusun Waemeteng, Desa Piru, Pantai, Kamis (13/1).

Dalam sambutan Ka.Kankemenag menyebutkan bahwa para santri setelah mendapatkan legalitas khatam Al-Quran dari Kementerian Agama bukan berarti tidak lagi membaca Al-Quran, melainkan harus terus membaca, mengkaji dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari. Al-Quran itu pedoman hidup, Al-Quran itu adalah kitab suci Umat Islam sebagai petunjuk kebaikan di dunia maupun kebaikan di akhirat.

"Al-Quran sebagai petunjuk dan jalan keluar dari seluruh permasalahan kehidupan di dunia. semua jalan kaluarnya tertuang di dalam Al-Quran," Tandas Hanafi.

Olehnya itu, lanjut Hanafi, para orang tua harus wajib memperhatikan dan memberikan pendidikan keagamaan kepada anak-anaknya terutama pendidikan baca tulis Al-Quran melalui TPQ-TPQ di lingkungan tempat tinggal.

"Dengan tanpa mengesampingkan pendidikan umum di sekolah orang tua juga wajib memperhatikan pendidikan Al-Quran untuk anaknya, sehingga kedepan akan melahirkan generasi Qurani pecinta Al-Quran," imbuh Hanafi.

Menurutnya, orang tua harusnya bangga karena anak-anaknya telah mengkhatamkan Al-Quran dan ditandai dengan pelaksanaan wusuda. Itu bertanda bahwa anak-anak ibu tidak lagi buta huruf tidak bisa membaca Al-Quran .

"Orang tua juga bangga karena anak-anakanya akan mendapatkan kebaikan dan senantiasa bersama malaikat sebagaimana yang telah dikabarkan oleh Rasulullah Salallahu; Seorang yang lancar membaca Al Quran akan bersama para malaikat yang mulia dan senantiasa selalu taat kepada Allah SWT," jelas Hanafi.

Terakhir, Ka.Kankemenag berharap pelaksanaan wisuda santri TPQ terus dilaksanakan dan dikembangan di Kab.SBB sehingga kedepan akan melahirkan pemahaman yang berbudi pengerti dengan sikap saling menyayangi antar sesama dan terhindar dari prilaku intoleransi kepada para generasi muda Kabupaten SBB.

Turut hadir Ketua DPRD Kabupaten SBB, Abd Rasyid Lisoholit, para pejabat eselon IV lingkup Kankemenag SBB, sejumlah ASN, tokoh agama, tokoh masyarakat serta para orang tua santri. ( *HS* )


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online