Ka.Kankemenag Kota Ambon Masuk Masa Purna Tugas, Yamin: Beliau Sosok Pembaharu


Plt Kakanwil Kemenag Maluku H. Yamin, S. Ag, M. Pd. I menyerahkan bingkisan cendramata kepada Kepala Kantor Kemenag Kota Ambon Zain Firdaus Kaisupy yang memasuki masa Purna baktinya.

Ambon, Inmas - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Drs. H. Zain Firdaus Kaisupy kini memasuki masa purna bakti. Setelah 30 tahun mengabdi sejak 1 Maret 1992 sampai 1 Maret 2022, sosok yang dikenal tenang tapi tegas itu mengakhiri tugas baktinya sebagai ASN Kementerian Agama.

Setelah diangkat menjadi CPNS pada 1 Maret 1992  dan ditugaskan pertama kali di KUA Kecamatan Piru Kabupaten Maluku Tengah saat itu, pria kelahiran 14 Februari 1964 ini telah menjejaki karirnya dengan menempati jabatan strategis eselon IV sebagai Kepala Seksi Penyelenggaan Haji pada Bidang Haji, Zakat, Wakaf dan selanjutnya dipercayakan jabatan Kasubbag Kepegawaian Setjen Kanwil Kemenag Maluku.

7 tahun menduduki jabatan eselon IV, Zain Firdaus Kaisupy dipercayakan menempati jabatan administrator eselon III di lingkungan Kanwil Kemenag Maluku, dimulai dari Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam dan sampai saat ini Kepala Kantor Kemenag Kota Ambon.

Pelaksana Tugas Ka.Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Yamin, S. Ag, M. Pd atas nama lembaga menyampaikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terimakasih atas pengabdian serta loyalitas Zain Firdaus Kaisupy kepada institusi ini.

"Semoga apa yang telah dilaksanakan demi kejayaan institusi ini bisa kita jadikan  sebagai dasar pijak dalam rangka melakukan  perubahan di masa-masa mendatang yang lebih baik lagi," kata Yamin dalam sambutannya pada acara Pelepasan Purna Tugas Zain Firdaus Kaisupy di Aula Kantor Kemenag Kota Ambon, Jumat (25/02/2022).

Dihadapan pejabat dan ASN lingkup Kanwil Kemenag Maluku dan Kantor Kemenag Kota Ambon, Yamin menyebut sosok pembaharu ini menjadi bagian dari kesuksesan perjalanan karirnnya.

"Beliau adalah orang yang punya kepedulian dan punya tanggungjawab untuk menjadikan orang bisa. Ini merupakan bukti dan saya sendiri adalah buktinya," jelasnya.

Dikisahkan Yamin saat dirinya mengikuti asessmen jabatan administrator eselon III dengan formasi jabatan sebagai Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh, Zain Firdaus Kaisupy adalah orang yang mengajarkan tentang bekerja dengan hati. "Dan ini saya jadikan sebagai dasar pijak saya dalam mengikuti asessmen, bahwa segala sesuatu masuk lewat pikiran dan bertindak sesuai hati. Maka jawaban yang saya berikan saat asessmen membawa saya pada puncak kedudukan seperti ini," urainya mengisahkan

Bagi Yamin, tangan dingin dari inspirator sekaligus guru baginya ini telah melahirkan sekian banyak orang besar di tubuh Kanwil Kemenag Maluku. 

"Semoga kedepan agen-agen perubahan seperti beliau banyak lahir dari generasi saat ini," harap Yamin.

Hadir pada acara Pelepasan Purna Tugas Zain Firdaus Kaisupy, para pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku,  pejabat eselon IV Kantor Kemenag Kota Ambon, pimpinan Bank BSI, BNI, Muamalat dan ASN Kantor Kemenag Kota Ambon. (ZAM)


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online