Jelang Tahun Baru 2020, Kabag TU Minta ASN Kemenag Maluku Berbenah Diri


Kabag TU Kemenag Maluku Jamaludin Bugis memberikan pembinaan bagi ASN di Aula Lantai III Kemenag Maluku, Senin (30/12)

Ambon, Inmas - Menjelang tahun baru 2020, Kepala Bagian (Kabag) Tata Usaha (TU) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku Jamaludin Bugis, S.Ag meminta semua Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Staf di lingkup Kanwil Kemenag Maluku untuk berbenah diri atau intropeksi diri sepanjang tahun 2019.

Pasalnya dengan intropeksi diri maka setiap ASN bisa mengetahui apa yang telah dilakukan dan kekurangan sehingga menjadi pelajaran kedepan.

"Jelang penutupan tahun 2019 ini, saya harap kepada semua ASN untuk berbenah diri atau intropeksi diri, sehingga ditahun 2020 bisa lebih baik lagi," kata Kabag TU pada pembinaan pagi di Aula Lantai III Kanwil Kemenag Maluku, Senin (30/12).

Sifat-sifat yang bertentangan dengan aturan dan norma agama menurut Kabag harus ditinggalkan oleh setiap ASN, sehingga bisa membangun institusi Kementerian Agama lebih baik lagi kedepan.

"Saya yakin setiap ASN ini semuanya baik, namun kalau ada sifat-sifat yang tidak baik selama tahun 2019 atau tahun-tahun sebelumnya saya harap ditinggalkan, kita memasuki tahun baru ini harus lebih baik lagi. Mari kita terus meningkatkan disiplin dan kualitas kerja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan perkuat iman kita," ujar Kabag

Untuk itu, Kabag mengusulkan kepada setiap Kepala Bidang (Kabid) atau Kepala Sub Bagian (Kasubbag) untuk melakukan evaluasi dua arah terkait dengan program dan anggaran selama tahun 2019, dengan harapan menjadi pembelajaran di tahun 2020.

"Saya sarankan masing-masing bidang  atau Sekjen lakukan rapat evaluasi perjalanan anggaran dan program selama tahun 2019, sehingga bisa mengetahui keberhasilannya dimana?, kegagalan dimana?. Kalau sudah selesai evaluasi maka kita akan lakukan evaluasi secara menyeluruh, supaya menjadi pelajaran di tahun 2020," tutur Kabag.

Selain meminta setiap ASN untuk berbenah diri, Kabag kembali menekankan 5 budaya kerja Kemenag, yakni (1) integritas, (2) profesionalitas, (3) inovatif, (4) tanggung jawab dan (5) keteladanan.

"Jangan sampai lima budaya kerja ini hanya sebatas perkataan saja, namun betul-betul harus diimplementasikan secara nyata," ujar Kabag