Jelang Keberangkatan Haji, Kemenag Maluku Tengah Selenggarakan Praktek Manasik Haji


Jelang Keberangkatan Haji, Kemenag Maluku Tengah Selenggarakan Praktek Manasik Haji

Masohi(Inmas). Jelang keberangkatan Calon Jamaah Haji Tahun 2018, kantor Kementerian Agama Kabupaten Maluku Tengah menyelenggarakan praktek manasik haji, bertempat di Masjid Agung Ibnu Abdullah, Rabu (21/3). Setelah sebelumnya para calon jamaah haji mengikuti materi-materi di antaranya, Kebijakan Pemerintah dalam Penyelenggaraan Haji, Kebijakan Teknis Kesehatan Haji, Tata Cara Pelaksanaan Haji dan Umrah dan lainnya pada selasa kemarin.

Para calon jamaah haji dengan penuh kesungguhan mempelajari bagaimana cara melakukan praktek Tawaf, Sa’i, Wukuf, melempar jumrah dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi lapangan yang dibuat menyerupai keadaan di Tanah Suci. Pelaksanaan praktek ini dibimbing oleh Ustad Drs. H. Sulaiman Pary. “Praktek manasik haji ini sangat bermanfaat bagi para calon jamaah, karena setelah mengikuti manasik ini para calon jamaah dapat memahami hal-apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji nantinya,” tutur ketua panitia, Yahya Wasahua, S.Hi

Sebanyak 135 orang, terlihat antusias mengikuti keseluruhan rangkaian praktek Manasik Haji tersebut, tidak jarang terlihat calon jamaah haji meneteskan airmata ketika mengumandangkan kalimat talbiyah. Kepala seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Drs. H. Rahman Sanaky berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga bisa dapat siap lahir batin untuk melaksanakan proses haji nantinya. “dalam proses manasik ini, kami berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik bagi calon jamaah haji dengan menampilkan narasumber terbaik dari  IPHI, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama dan Tokoh Masyarakat yang berkompeten dalam masalah haji,” jelasnya. (OH/Foto.Laturua)


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag