Jamaah Calon Haji Kota Ambon Gelar Simulasi



Ambon - (Inmas), Kantor Kementerian Agama Kota Ambon menggelar simulasi manasik haji tahun 1439 H/2018 M bertempat di Islamic Center Waihaong Ambon, Jumat, (13/07/18).

Simulasi yang digelar merupakan praktek langsung dilapangan yang diikuti 356 jamaah dengan pembinaan dari kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, H. M. Rusydi Latuconsina S.Ag, didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, H. Wahab Putuhena, S.Ag, Kabag Kesra Kota Ambon, Drs. A. J Raharusun.

Kasi PHU, Wahab Putuhena S.Ag, mengatakan Manasik Haji merupakan tata cara atau tuntunan untuk mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur Ka’bah dan dilaksanakan sebelum calon jamaah berangkat ke tanah suci. Dengan kata lain, Manasik Haji adalah sebuah pelatihan tentang pelaksanaan Ibadah Haji secara menyeluruh yang harus diikuti oleh jamaah calon haji. Pada proses Manasik Haji, jamaah calon haji akan mempelajari bagaimana melakukan niat sebelum melaksanakan ibadah haji, apa saja aturan pelaksanaan haji, apa saja yang tidak boleh dilanggar selama melakukan ibadah haji agar ketika pulang dapat menjadi haji yang mabrur.

Selanjutnya dalam proses Manasik  jamaah calon haji akan melakukan praktik ibadah secara langsung. Setiap tempat Manasik Haji selalu memiliki kawasan simulasi seperti Ka’bah, tempat lempar Jumrah dan lain sebagainya. jamaah akan diajarkan urutannya secara benar sampai melakukan Tahalul atau memotong rambut setelah melakukan sa’i.

Wahab Putuhena juga menyampaikan bahwa setiap tahapan simulasi yang dilakukan sangatlah penting, Seperti Safa dan Marwah ialah sebahagian daripada Syiar (lambang) agama Allah; maka yang menunaikan ibadat Haji dapat memahami bagaimana tata cara thawaf, sa’i, saat wukuf di Arafah, saat melempar jumrah, serta pelaksanaan wajib, dan rukun haji lainnya, dengan demikian kami berharap calon jamaah haji akan mengerti makna dan esensi ibadah haji itu sendiri, ungkapnya

Kegiatan Simulasi manasik haji yang dilaksanakan secara massal pada hari ini merupakan kegiatan akhir dari seluruh rangkaian kegiatan manasik yang diselenggarakan oleh Kemenag Kota Ambon yakni pada tingkat kecamatan 6 kali dan Kota sebanyak 4 kali. (Hm.W)  


E-Survey

PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018

E-Aplikasi

LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
Simpatika Kemenag
Layanan Pengaduan Online