Intensifkan Program Prioritas Kanwil Kemenag Maluku, Kabid Penmad Safari Jum'at di Negeri Tulehu



Ambon, (Inmas) - Dalam rangka mengintensifkan Safari Jum'at guna menjawab program prioritas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, yakni menanamkan dan meningkatkan kualitas pemahaman nilai-nilai ajaran agama, Kepala Bidang Pendidikan Madrasah sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Yasir Rumadaul tampil sebagai khatib atau penceramah saat pelaksanaan Shalat Jum'at di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Jumat (7/8).

Yasir Rumadaul dalam khutbahnya mengajak masyarakat mambangun hubungan vertikal dengan Allah SWT serta membangun hubungan horisontal dengan pemerintah atau ulama untuk mencegah penularan covid-19.

"Caranya dengan senantiasa rutin melaksanakan ibadah dan berdoa serta mentaati anjuran protokol kesehatan pemerintah dan fatwa MUI," kata Rumadaul lewat khutbahnya di Masjid Jami Negeri Tulehu.

Selanjutnya, dirinya juga menitip enam nasihat penting dari Imam Al-Ghazali Rahimahullah, bahwa yang paling dekat dengan kehidupan manusia adalah "mati". Sebab kematian merupakan janji pasti Allah SWT. "Setiap yang bernyawa (pasti) akan merasakan mati." (QS Ali Imran [3]: 185). Berikutnya yang paling jauh dari diri manusia adalah "masa lalu". Siapa pun manusia itu, bagaimana pun dan betapa kayanya dia, tetap tidak bisa kembali ke masa lalu. Sebab itu, setiap manusia harus menjaga hari ini dan hari-hari yang akan datang dengan perbuatan yang sesuai dengan aturan Allah dan Rasul-Nya. 

Nasihat selanjutnya adalah yang paling besar di dunia ini adalah "nafsu". Banyak manusia menjadi celaka karena memperturutkan hawa nafsunya. Segala cara dihalalkan demi mewujudkan impian nafsu. Karena itu, setiap insan harus hati-hati dengan hawa nafsu ini, jangan sampai nafsu membawa dirinya ke neraka.

Nasihat keempat, bahwa yang paling berat di dunia adalah memegang amanah.

Nasihat kelima berikutnya adalah yang paling ringan di dunia ini adalah meninggalkan "shalat".

Lalu nasihat terakhir keenam adalah yang paling tajam di dunia ini adalah lisan. Setajam pisau masih hanya melukai kulit, tetapi lisan mampu menggoreskan luka di hati siapapun termasuk saudaranya sendiri. (ZAM) 


E-Survey

Dumas Kemenag Maluku
Survey Pelayanan Haji Maluku Tahun 2018
PTSP KEMENAG MALUKU
Pelayanan PTSP Tahun 2018
Pelayanan Pelaporan Gratifikasi

E-Aplikasi

SOP Kemenag RI
LPSE Kemenag
Webmail
Simpeg
SIPATUH
Simpatika Kemenag